DetikNews
Selasa 20 Februari 2018, 17:08 WIB

Laporan Dari Osaka

Soal Kecelakaan Proyek Infrastruktur, JK: Kita Butuh Tenaga Ahli

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Soal Kecelakaan Proyek Infrastruktur, JK: Kita Butuh Tenaga Ahli Wapres Jusuf Kalla memberikan keterangan pers kepada wartawan di Osaka, Jepang, Selasa (20/2/2018) Foto: Noval Dhwinuari Antony-detikcom
Osaka - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyayangkan kecelakaan proyek infrastruktur termasuk ambruknya cetakan beton proyek Tol Becakayu. JK meminta agar tenaga ahli dipersiapkan untuk pembangunan infrastruktur yang cepat.

"Ya itu terlalu sering itu (kecelakaaan) pekerjaan itu. Baru 2 hari lalu terjadi lagi di sini," ujar JK di sela kunjungannya di Kota Osaka, Jepang, Selasa (20/2/2018).

Menurut JK, dibutuhkan banyak tenaga ahli untuk pembangunan infrastruktur yang cepat. Pembangunan infrastruktur yang cepat tidak sebanding dengan tenaga ahli yang berpengalaman.

"Itu artinya kita membutuhkan banyak tenaga-tenaga ahli expert, karena itu begini, kita terlalu cepat membangun infrastruktur tapi tenaga-tenaga ahlinya mungkin tidak seimbang jumlahnya dengan kemajuan infrastruktur itu," jelasnya.

Selain itu JK meminta agar operator girder crane disertifikasi. Sebab banyak kecelakaan konstruksi terkait gider crane.

"Terutama yang jatuh akibat crane, artinya operator/pemasang di atas itu harus punya sertifikat. Dan pelatihan itu kota sudah minta untuk mengadakan pelatihan-pelatihan operator crane itu. Karena umumnya girdernya salah pasang. 5 kasus semua kasus girder," tutur JK.


(nvl/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed