detikNews
Selasa 20 Februari 2018, 15:01 WIB

Polda-Kodam Siap Sinergi Amankan Pilkada di Kalbar

Jabbar Ramdhani - detikNews
Polda-Kodam Siap Sinergi Amankan Pilkada di Kalbar Foto: Dok Polda Kalbar
Jakarta - Kodam XII/Tanjungpura dan Polda Kalimantan Barat telah menggelar rapat membahas kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kedua institusi ini menyatakan siap untuk mengantisipasi karhutla.

"Kita bersyukur rakor kemarin ditutup dengan guyuran hujan yang cukup lebat. Semoga curah hujan turun dengan cukup di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah sehingga ancaman karhutla bisa diminimalisasi secara alami. Semua orang menyadari bahwa TNI dan Polri adalah dua kekuatan negara yang siap diterjunkan kapan saja," kata Kapolda Kalimantan Barat Irjen Didi Haryono lewat keterangan tertulisnya, Selasa (20/2/2018).

Hal ini disampaikannya di acara pembekalan Rapim Kodam Tanjungpura yang diikuti personel TNI-Polri di Makodam XII/Tanjungpura, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Didi mengatakan TNI-Polri memiliki sumber daya manusia dan sarana prasarana yang memadai untuk digunakan bagi kepentingan masyarakat.

Polda-Kodam Siap Sinergi Amankan Pilkada di KalbarFoto: Dok Polda Kalbar


Selain pengamanan, dalam penegakan hukum Polri juga membutuhkan dukungan TNI. Operasi gabungan TNI-Polri dapat secara efektif mencegah hal yang membahayakan masyarakat dan kedaulatan negara.

"Kita masih harus memerangi praktik-praktik penambangan emas tanpa ijin yang identik menggunakan merkuri yang membahayakan manusia dan lingkungan. Kita juga masih harus berperang melawan bahaya penyalahgunaan dan penyelundupan narkoba," ucap Didi.

Dia berharap nama baik TNI-Polri terus dijaga untuk mempertahankan kepercayaan publik kepada lembaga penegak hukum. Dia mengharapkan sinergi dapat terus terjalin.

"Prinsipnya kapolda dan pangdam adalah satu. Semua kantor polisi adalah rumah bagi bapak panglima dan seluruh prajurit tni," tutur Didi.

Dalam kesempatan ini, Didi juga mengapresiasi jajaran Kodam Tanjungpura yang mendukung pengamanan pilkada serentak. Hal ini seperti yang diungkapkan dalam rakor yang digelar di Pontianak beberapa waktu lalu.

Polda-Kodam Siap Sinergi Amankan Pilkada di KalbarFoto: Dok Polda Kalbar


"Sispamkota yang kita peragakan dengan mengedepankan tampilan sinergi TNI-Polri mendapat apresiasi dari pimpinan Polri dan TNI. Begitu pula dengan berbagai apel gelar pasukan beberapa operasi, pengamanan tahun baru, serta kegiatan-kegiatan kepolisian yang telah di-support oleh jajaran TNI dari tingkat Kodam hingga Babinsa, saya mewakili Polda Kalbar dan jajaran mengucapkan terima kasih yang tak terhingga," ujar Didi.

Dia mengatakan Polda Kalbar juga siap membantu kebutuhan Kodam Tanjungpura. Polda Kalbar siap bersama menjaga ketahanan negara, menjaga kedaulatan negara, serta memberantas musuh-musuh negara dari perbatasan negara hingga ke pelosok.

Dia berharap membuka ruang kerja sama yang lebih baik seperti aturan dalam perbantuan TNI kepada Polri sebagai payung hukum kerja sama dan sinergi sudah ada.

"Mari kita sama-sama terapkan. Inilah wujud dan bentuk sinergi TNI-Polri yang sebenar-benarnya. TNI dan Polri adalah dua kekuatan besar negara yang siap mengemban tugas bersama dalam suasana harmonis demi kepentingan masyarakat dan negara. Dan saya bangga," kata Didi.
(jbr/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed