DetikNews
Selasa 20 Februari 2018, 15:12 WIB

TKW di Penang Dikabarkan 7 Tahun Tak Digaji, Kemlu Ambil Tindakan

Niken Purnamasari - detikNews
TKW di Penang Dikabarkan 7 Tahun Tak Digaji, Kemlu Ambil Tindakan Foto: dok. Kemlu RI
Jakarta - TKW asal Kupang, NTT Petronela Nahak dikabarkan tak dizinkan pulang selama 7 tahun dan selama itu pula tak digaji. Kementerian Luar Negeri RI mengambil tindakan atas kabar tersebut.

Petronela alias Ida diketahui bekerja di Penang, Malaysia. Pihak Kemlu melalui KJRI Penang berkoordinasi dengan kepolisian Pulau Penang untuk mendatangi rumah majikan.

Saat ditemui, Ida dalam kondisi sehat. Kabar Ida yang tidak diizinkan pulang dan tidak digaji masih diselidiki oleh polisi.

"Hari ini kami akan bertemu agen perekrut untuk menyelesaikan hak-hak yang bersangkutan," ujar Anggota Tim Perlindungan WNI KJRI Penang, Neni Kurniawati dalam rilis yang diterima detikcom, Selasa (20/2/2018).

Neni mengatakan, saat ini Ida sudah dibawa ke KJRI Penang sambil menunggu penyelesaian kasusnya.

Sementara itu, Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, masyarakat dapat melapor kepada Kemlu jika mendapat laporan masalah TKI atau WNI di luar negeri.

"Jika seorang WNI menghadapi masalah di luar negeri yang dibutuhkan pasti pertolongan secepatnya. Jadi segera adukan/laporkan kepada kami dengan informasi sedetail mungkin", ucap Iqbal.
(nkn/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed