DetikNews
Selasa 20 Februari 2018, 10:09 WIB

'Orang Kepercayaan' Setya Novanto Kembali Dipanggil KPK

Faiq Hidayat - detikNews
Orang Kepercayaan Setya Novanto Kembali Dipanggil KPK Gedung KPK (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Penyidik KPK memanggil dua orang saksi berkaitan dengan kasus korupsi proyek e-KTP. Salah satu saksi merupakan 'orang kepercayaan' Setya Novanto, Made Oka Masagung.

"Yang bersangkutan dipanggil sebagai saksi untuk tersangka ASS (Anang Sugiana Sudihardjo)," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa (20/2/2018).

Saksi lainnya yaitu atas nama Dudu yang disebut berasal dari unsur swasta. Dudu juga bakal dimintai untuk tersangka Anang.

Made Oka tampak hadir pukul 10.06 WIB. Dia hanya diam sembari masuk ke lobi KPK, seperti dalam pemeriksaan sebelumnya.

Terkait dengan kasus itu, dia memang beberapa kali dipanggil KPK. Dalam putusan terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong, perannya disebut sebagai orang dekat Novanto. Selain itu, dia juga disebut dalam surat dakwaan Novanto sebagai pihak perantara aliran uang ke Novanto.


Sedangkan, Anang merupakan mantan Direktur Utama PT Quadra Solution. Quadra Solution merupakan salah satu perusahaan yang tergabung dalam Konsorsium PNRI sebagai pelaksana proyek e-KTP. Dalam surat dakwaan Setya Novanto, nama Anang disebut sebagai pihak yang mengalirkan uang ke Novanto.

Pemberian fee kepada Novanto disebut diambil dari bagian pembayaran PT Quadra Solution kepada Johannes Marliem melalui perusahaan Biomorf Mauritius dan PT Biomorf Lone Indonesia. Duit itu ditransfer ke rekening Made Oka Masagung di Singapura yang diteruskan ke Novanto.

"Untuk itu, Johannes Marliem akan mengirimkan beberapa invoice kepada Anang Sugiana Sudihardjo sebagai dasar untuk pengiriman uang, sehingga seolah-olah pengiriman uang tersebut merupakan pembayaran PT Quadra Solution kepada Biomorf Mauritius atau PT Biomorf Lone Indonesia," sebut jaksa KPK dalam surat dakwaan.


(fai/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed