DetikNews
Selasa 20 Februari 2018, 10:06 WIB

Bagian Konstruksi Tol Becakayu Ambruk, DPR akan Panggil Kontraktor

Seysha Desnikia - detikNews
Bagian Konstruksi Tol Becakayu Ambruk, DPR akan Panggil Kontraktor Anggota Komisi V DPR Hamka B Kady. (Seysha/detikcom)
Jakarta - Anggota Komisi V DPR Hamka B Kady meninjau lokasi insiden ambruknya bagian konstruksi proyek Jalan Tol Becakayu. DPR akan memanggil PT Waskita Karya selaku kontraktor kontraktor dan pengawas proyek tersebut.

"Nanti dalam waktu singkat ini, saya panggil semua kontraktor dan pengawas untuk menjawab di mana letak masalahnya," kata Hamka di lokasi, Jl DI Panjaitan, Kebon Nanas, Jakarta Timur, Selasa (20/2/2018).


Hamka mengatakan akan mengevaluasi proyek Jalan Tol Becakayu. DPR ingin titik masalahnya ditemukan.

"Kita menginstruksikan karena kejadian ini jangan ada pekerjaan lanjutan sebelum ketemu titik masalahnya. Kita evaluasi semua," ujarnya.

Insiden ini menjadi perhatian Komisi V. Meski begitu, Komisi V tetap menghargai upaya pemerintah dalam membangun infrastruktur.

"Oleh karena itu, menjadi perhatian Komisi V, akan dilakukan evaluasi secara menyeluruh, kita menghargai pemerintah untuk membangun infrastruktur untuk kepentingan kesejahteraan rakyat," ucapnya.


Hamka mencatat peristiwa kecelakaan dalam pembangunan sudah ketujuh kalinya. Hamka menyebut kebanyakan kecelakaan terjadi pada pagi hari.

"Yang menjadi catatan kami adalah peristiwa ini sudah berulang-ulang yang ketujuh kalinya dan rata-rata terjadi pada pagi hari," kata Hamka

"Karena bekerja pada malam hari ini jauh lebih menimbulkan kelelahan dibanding siang hari, oleh karena itu, perlu pengawasan yang ketat," imbuhnya

Sebelumnya, PT Waskita Karya selaku kontraktor menegaskan bagian yang ambruk adalah bekisting pierhead, bukan tiang pancang atau tiang penyangga.

"Kami ingin meluruskan bahwa bukan tiang pancang/tiang penyangga yang roboh seperti pemberitaan tetapi bekisting pierhead," kata Kepala Divisi III PT Waskita Karya Dono Parwoto dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (20/2).

[Gambas:Video 20detik]


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed