DetikNews
Selasa 20 Februari 2018, 01:34 WIB

Menteri PUPR Surati Menhub Minta Underpass di Soetta Dibongkar

Yulida Medistiara - detikNews
Menteri PUPR Surati Menhub Minta Underpass di Soetta Dibongkar Underpass perimeter selatan Bandara Soekarno-Hatta/Foto: Dyah Paramita Saraswati
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah mengirim surat kepada Kementerian Perhubungan meminta underpass di jalan perimeter selatan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dibongkar. Hal itu menyusul adanya rembesan air pada dinding atau turap underpass.

"Itu memang tidak sesuai dengan kaidah teknis desain turap. Tidak ada lubang-lubang air. Biasanya, kalau ada turap, itu ada lubang air. Supaya air yang merembes mengalir ke situ. Jadi itu cuma tembok saja, air merembes ke situ menekan. Makanya kita minta itu semua dibongkar," kata Basuki di kantornya, Jl Pattimura, Jakarta Selatan, Senin (19/2/2018).

Ia mengatakan telah mengirim surat kepada Kementerian Perhubungan pada minggu lalu untuk minta dilakukan pembongkaran. Kemudian dia juga telah menelpon kepolisian untuk mencopot police line di lokasi.

"Dibongkar, saya sudah kirim surat ke Menhub untuk dibongkar semua. Kemarin kan masih ada police line, saya sudah telepon Pak Kapolda (tadi siang) supaya dibongkar," ujarnya.




Ia menyebut seluruh konstruksi underpass yang kemarin ambruk dibongkar. Sementara itu, proyek kereta api Bandara tidak dibongkar karena hanya membutuhkan penguatan dindingnya.

"Semua yang di underpass yang ambruk (dibongkar). Kalau kereta bandara hanya ada penguatan-penguatan," ujarnya.

Ia meminta Menhub membongkar underpass itu tanpa membalas suratnya terlebih dulu. Ia meminta pembongkaran itu dilakukan secepatnya.

"Segera karena mau ditutup semua. Tak perlu tanggapan dia (Menhub) sudah harus bongkar," ungkapnya.
(yld/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed