DetikNews
Senin 19 Februari 2018, 22:30 WIB

Kumpulkan Donatur, Ridwan Kamil Gelar Gala Dinner

Tri Ispranoto - detikNews
Kumpulkan Donatur, Ridwan Kamil Gelar Gala Dinner Ridwan Kamil menggelar gala dinner. (Tri/detikcom)
Bandung - Calon Gubernur Jabar nomor urut 1 Ridwan Kamil mengakui biaya kampanye di Pilgub Jabar sangat mahal. Ia pun menyebut perlu suntikan dana untuk memuluskan jalannya mendapatkan kunci 'Gedung Sate'.

Salah satu caranya adalah menggelar gala dinner dengan sejumlah pengusaha di Hotel Padma, Jalan Kiputih, Kota Bandung, Senin (19/2/2018). Dalam acara itu, Emil, sapaan Ridwan, memaparkan sejumlah program sekaligus mengajak tamu berpatungan secara langsung atau melalui udunan.id.

"Ini adalah contoh karena demokrasi mahal sekali. Biaya untuk memenangi Pilgub Jabar ini sampai puluhan atau mungkin ratusan miliar rupiah," ujar Emil saat ditemui di sela-sela acara.

Menurut Emil, patungan tersebut akan menjadi contoh bahwa warga bisa ikut membangun dan mendukung stabilitas sosial-politik yang berujung pada kepentingan kemajuan Jabar.

Emil menyebut acara ini adalah yang pertama dalam kampanye. Ke depan, kata Emil, acara serupa akan kembali digelar sekitar satu atau dua minggu sekali.

"Kalau untuk udunan.id, warga bisa menyumbang dengan Rp 10 ribu. Nanti tinggal pilih banknya, dan nanti tercatat namanya. Jadi transparan. Itulah cara kami. Insyaallah menang dengan cara-cara yang partisipatif," ucapnya.

Disinggung soal target patungan, Emil menyebut angka Rp 1 triliun.

"Tapi sepertinya terlalu berlebihan. Mungkin secukupnya saja ya, ratus-ratus juta mungkin. Saya nggak tahu," katanya.

Pihaknya memastikan penggalangan dana dari donatur itu akan berjalan secara transparan.

"Mending apa adanya saja, dan realistis apa adanya," ujar pria berkacamata itu.




Sedangkan bendahara tim pemenangan Rindu, Aria Girinaya, mengatakan antusiasme donatur dalam acara yang baru pertama kali digelar sangat luar biasa. Bahkan tiket VVIP langsung terjual lima menit setelah dilepas.

Aria mengungkapkan, dalam program ini, satu malam sudah terkumpul Rp 200 juta. Ia menjamin seluruh sumbangan yang terkumpul akan dikelola secara transparan dan dilaporkan ke KPU lengkap dengan data yang ada.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed