DetikNews
Senin 19 Februari 2018, 20:54 WIB

Tak Ikut Pilkada, PSI Tetap Bantu Pemenangan Ridwan Kamil-Ganjar

Dwi Andayani - detikNews
Tak Ikut Pilkada, PSI Tetap Bantu Pemenangan Ridwan Kamil-Ganjar Grace Natalie (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyatakan tetap berpartisipasi memberikan dukungan untuk pemenangan sejumlah calon kepala daerah di pilkada serentak. Dukungan ini diberikan meski PSI tidak ikut dalam pilkada.

"Kita memberikan dukungan kepada calon-calon yang punya kinerja baik," ujar Ketua Umum PSI Grace Natalie di kantor DPP PSI, Jl Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2018).

Grace menegaskan PSI memberikan dukungan kepada calon kepala daerah yang memiliki rekam jejak baik. Dukungan ini disebut PSI tanpa imbal balik.

"Kita tawarkan itu kepada orang-orang yang punya kinerja baik, track record baik, komitmen anti-intoleransi. Kita siap mendukung tanpa mahar, tanpa uang saksi apa pun," kata Grace.

Dukungan yang akan diberikan antara lain pengerahan anggota PSI untuk membantu tim pemenangan. Bentuk dukungan dicontohkan Grace saat PSI membantu Nurdin Abdullah, yang maju di Pilgub Sulsel. PSI membantu dengan mengerahkan tim membuat materi video untuk kampanye di media sosial.

"Kita siap menerjunkan para anggota PSI, para pengurus yang berjumlah 25 ribu orang dan dengan kriteria verifikasi yang lalu. Bisa diyakinkan itu, bisa diandalkan, karena orang-orangnya ada, masih hidup, masih ada di kota itu, semuanya siap bergerak," kata Grace.

Soal dukungan untuk calon kepala daerah, PSI menetapkannya berdasarkan diskusi serta polling. Misalnya di Jawa Barat, PSI mendukung cagub Ridwan Kamil dan mendukung cagub Ganjar Pranowo di Jawa Tengah.

"Kalau untuk di Jabar, teman-teman sudah rapat, hasilnya mengarah pada Ridwan Kamil. Dalam waktu dekat, minggu ini, kita akan deklarasi. Untuk Jateng juga akan deklarasi untuk Mas Ganjar. Tapi, kalau ada di suatu tempat yang calonnya sama-sama nggak bagus, kita tidak akan mendukung siapa-siapa," sambung Grace.
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed