DetikNews
Senin 19 Februari 2018, 20:37 WIB

AKP Syam Ungkap Penyelamatan Upaya Bunuh Diri Perempuan di Gading

Eva Safitri - detikNews
AKP Syam Ungkap Penyelamatan Upaya Bunuh Diri Perempuan di Gading Polisi menggagalkan upaya bunuh diri seorang perempuan di Kelapa Gading, Jakut (Foto: dok. Polsek Kelapa Gading)
Jakarta - Akibat permasalahan pribadi, Bong Maria Agustine (33) nekat mencoba bunuh diri di gedung Menara Satu, Kelapa Gading Timur. Dia sudah berada di balkon parkiran tersebut selama tiga jam.

Namun upaya bunuh diri itu bisa digagalkan Kanit Reskrim Polsek Kelapa Gading AKP Syam Ramadhan. Upaya penyelamatan itu dilakukan Syam lewat usaha yang panjang. Dia mengatakan, bersama enam anggota lain, ia mulai bergerak untuk menyelamatkan perempuan tersebut ketika ada masyarakat yang melaporkannya melalui WhatsApp.




"Awal penyelamatan, saya mendapat laporan dari masyarakat, ada seorang wanita yang sudah duduk di parkiran mobil P2A, sekitar pinggiran balkon dan dibilang, Ini ada percobaan bunuh diri, tolong segera ke sini, Pak,'" ujarnya ketika dihubungi detikcom, Senin (19/2/2018).

Saat sampai di lokasi, Syam dan anggota lain mencari tahu posisi perempuan itu dan menghampirinya. Menurut informasi yang didapat dari masyarakat yang melihat, perempuan tersebut sudah dibujuk tapi menolaknya.

"Saya lihat memang posisi si cewek lagi duduk sambil nangis dan main handphone. Saya tanya sama orang sekitar, sudah diajak komunikasi tapi nggak mau," ujar Syam

Tanpa mencoba bertanya terlebih dahulu, Syam langsung turun untuk mengevakuasi perempuan tersebut. Sempat juga terjadi pemberontakan dengan menendang tubuh Syam.

"Jadi ya saya pikir, kalau ditanya lagi, pasti nekat, ya sudah, akhirnya saya pakai alat bantu dengan talinya itu, kemudian ke balkon langsung saya tarik dia. Karena memang dia lagi kosong banget, saya jalan disamping dia pun, dia nggak merasa ada saya," ucapnya.

Meskipun terus memberontak, perempuan tersebut akhirnya bisa diselamatkan. Perempuan itu lalu dibopong dan diamankan di parkiran.

"Setelah itu, dia duduk sambil nangis dan jejeritan, diajak omong juga belum bisa. Kita kasih minum juga dia menolak, jadi ya sudah, kita tunggu reda dulu emosinya," tuturnya.

Setelah emosinya reda, tim Unit Reskrim menginterogasi perempuan tersebut mengenai alasan mencoba bunuh diri yang dilakukannya.

"Penyebabnya ya ada masalah sama seorang pria, masalahnya apa kita tidak bisa kasih tahu karena itu privat, kita tidak bisa membocorkan. Cukup kita saja," ujar Syam.

Ia menambahkan, berdasarkan pengakuan masyarakat sekitar, perempuan tersebut bukan salah satu pekerja di gedung Menara Satu.

"Dia nggak kerja, duduknya lumayan lama, dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB. Saya datang, gerakannya ya gitu, duduk, berdiri, nanti duduk lagi, berdiri lagi. Begitu terus, kayak orang gundah gulana," ungkapnya.

Saat ini perempuan tersebut dibawa ke Polsek Kelapa Gading. Perempuan itu masih dalam penanganan sambil menunggu keluarganya datang.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed