DetikNews
Senin 19 Februari 2018, 20:28 WIB

Pimpinan DPR Pastikan UU MD3 Berada di Koridor Semestinya

Niken Widya Yunita - detikNews
Pimpinan DPR Pastikan UU MD3 Berada di Koridor Semestinya Foto: Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan (Dok. DPR)
Jakarta - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan memastikan, pasal-pasal dalam revisi Undang-Undang MPR, DPD, DPR dan DPRD (UU MD3) yang telah disahkan belum lama ini, tidak ada maksud menjauhkan DPR dari rakyat. Pada prinsipnya, hal ini adalah menindaklanjuti aspirasi yang berkembang di masyarakat.

UU MD3, kata Taufik, menunjukkan tidak berarti DPR anti kritik. Tetapi harus disadari, proses demokrasi yang semakin maju di Indonesia, apalagi dengan kemajuan teknologi dan media sosial, tak dipungkiri hal-hal yang bersentuhan dengan demokrasi untuk menyatakan pendapat, harus berada di koridor yang bertanggung jawab.

"Karena jika tidak diimbangi dengan koridor yang bertanggung jawab, akhirnya akan hanya menimbulkan syak wasangka, fitnah, dan saling mencurigai. Bahkan, dengan kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat dan semakin berkembangnya media sosial, akan menimbulkan potensi hoaks, adanya saling curiga, dan saling fitnah yang tidak perlu terjadi," kata Taufik, dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/2/2018).

Taufik menambahkan, saat ini perorangan sebagai warga negara individu bisa mengajukan tuntutan pencemaran nama baik ataupun fitnah kepada pihak yang berwajib. Apalagi DPR, lembaga resmi negara yang dilindungi dengan konstitusi, sehingga harus dilindungi bersama-sama.

"Yang kita lindungi adalah institusinya, bukan orang per orang. Masyarakat boleh mengkritisi, mengajukan usul, pendapat, atau saran, tentu dengan adanya fakta. Sehingga ini yang dimaksud dalam UU MD3, semua diatur, tidak lantas berarti menjauhkan DPR sebagai wakil rakyat dari rakyatnya. Yang harus kita lindungi bersama-sama ini institusinya, bukan melindungi orang perorangan," tandas politisi asal dapil Jateng itu.



(nwy/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed