DetikNews
Senin 19 Februari 2018, 14:22 WIB

Pengerjaan LRT Terlambat, Anies: Karena Curah Hujan dan Kecelakaan

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Pengerjaan LRT Terlambat, Anies: Karena Curah Hujan dan Kecelakaan Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan persiapan Asian Games akan tepat waktu. Anies hanya menyoroti pengerjaan LRT yang terlambat 8 persen akibat curah hujan dan kecelakaan yang sempat menimpa beberapa waktu lalu.

"LRT ada catatan sedikit, 8 persen lebih lambat dari jadwal. Ada beberapa sebab, pertama curah hujan yang kemarin mengganggu jadwal. Kedua, ada kejadian keselamatan yang terjadi kemarin, tetapi untuk me-recover dari kejadian itu, kita akan tambah shift dan alat-alat berat," kataAnies usai rapat be
rsama perisiapan Asian Games di Senayan, Jakarta, Senin (19/2/2018).

Anies memastikan LRT akan dapat digunakan tepat pada waktunya. LRT disebut Anies dapat mulai dioperasikan pada bulan Juli mendatang.

"Jadwal secara umum terkait LRT bulan April nanti kereta sudah datang, dan harapannya sudah mulai bisa dipasang bulan Mei, Juni nanti comissioning. Dan Juli LRT sudah bisa operasional," jelas Anies.


Anies mengatakan Pemprov DKI sedang menyelesaikan venue tambahan yang diusulkan oleh pihak panitia. Dia menuturkan akan menyiapkan beberapa venue di antaranya untuk venue BMX, baseball dan tempat latihan basket.

"Kita bertanggung jawab velodrome, equistrian, LRT dan tambahan penambahan stadion BMX, dan tadi penambahan kita diminta menyiapkan lapangan baseball serta gelanggang olahraga untuk latihan bola voli dan basket," jelasnya.

Untuk waktu tempuh atlet dari Wisma Atlet di Kemayoran ke venue, Anies mengatakan beberapa rekayasa lalu lintas telah disiapkan. Rekayasa lalu lintas termasuk dengan meliburkan anak sekolah dan menyesuaikan jam kerja karyawan.

"Akan ada rekayasa, pertama rekayasa lalin yang sudah disiapkan. Baik rute melalui tol maupun non tol. Kemudian yang kedua adalag pengaturan jumlah traffic yang melewati daerah itu terkait dengan kegiata belajar dan kegiatan kerja. Tapi kita sedang mematangkan sekarang," papar Anies.

Anies menyampaikan Asian Games dilakukan selama 14 hari. Hanya 8 hari yang akan dilakukan rekayasa lalu lintas karena 6 hari lainnya adalah hari libur.

"Kemarin dicatat bahwa selama 14 hari ini, adalah 9 hari kerja, 5 hari adalah hari libur. 3 hari long weekend 2 hari weekend. Tambah idul adha. Kita nanti akan atur sesudah fix nanti baru diumumkan," terangnya.


(fdu/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed