Polri Siapkan Operasi Khusus Pengamanan Asian Games 2018

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 19 Feb 2018 13:09 WIB
Foto: Ilustrasi pengamanan polisi. (Grandyos Zafna-detikcom)
Jakarta - Polri menyatakan akan melakukan operasi khusus untuk mengamankan Asian Games. Operasi khusus itu berlaku mulai Agustus hingga September 2018.

"Dari As Ops (Asisten Operasi) sudah menyiapkan ini secara umum, saya sampaikan ada Operasi Khusus pengamanan Asian Games, akan berlaku bulan Agustus sampai September," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (19/2/2018).

Setyo menerangkan pengamanan akan dilakukan terbuka dan tertutup. Sementara itu, objek pengamanan adalah lokasi kegiatan Asian Games, hotel-hotel tempat atlet menginap, dan lokasi-lokasi yang menjadi ikon Kota Jakarta dan Palembang.

"Kita menyiapkan pengamanan terbuka, tertutup kemudian pengamanan lokasi venue-venue, lokasi penginapan atlet termasuk semua yang menjadi ikon kota Jakarta dan Palembang. Jadi itu harus aman. Diharapkan tidak ada kejadian apapun terkait atlet, rombongan atau kontingen agar aman di kedua kota maupun di Jawa Barat," jelas dia.

Indonesia akan menggelar Asian Games 2018 pada 18 Agustus sampai 2 September 2018 mendatang di Jakarta dan Palembang. Dalam waktu dua pekan, Indonesia akan menjamu sedikitnya puluhan ribu orang dari 45 negara peserta.

Setidaknya ada 2.500 keluarga dari anggota Dewan Olimpiade Asia dan tamu VVIP, 20 ribu volunteer dan workforce, 5 ribu media, dan 5.500 technical oficial & judge. Ini belum termasuk menghitung penonton.

(aud/idh)