DetikNews
Minggu 18 Februari 2018, 23:52 WIB

Anies Dicegah ke Podium Piala Presiden, Ini Respons Prabowo

Denita Br Matondang - detikNews
Anies Dicegah ke Podium Piala Presiden, Ini Respons Prabowo Prabowo Subianto/Foto: Facebook Prabowo Subianto
Jakarta - Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto enggan mengomentari pencegahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan oleh Paspampres saat akan mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke podium Piala Presiden. Dia menyatakan hal itu urusan panitia penyelenggara.

"Tanya panitianya saja ya," kata Prabowo di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (18/2/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Pernyataan itu dilontarkan Prabowo usai acara pengundian dan penetapan nomor urut partai politik peserta Pemilu 2019. Prabowo pun langsung meninggalkan lokasi usai menjawab pertanyaan soal pencegahan Anies tersebut.

Sebelumnya, pada final Piala Presiden di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (17/2) kemarin, Anies dicegah Paspampres saat hendak mendampingi Jokowi ke podium menyerahkan hadiah kepada pemenang. Pihak Istana pun telah memberi penjelasan soal peristiwa tersebut.

Istana menyatakan tak ada arahan dari Jokowi untuk mencegah Anies maju ke podium Piala Presiden. Istana juga menegaskan bahwa acara penyerahan Piala Presiden tersebut bukanlah acara kenegaraan sehingga tidak mengikuti aturan protokoler.

Sementara itu, Wasekjen Golkar Maman Abdurahman meminta Ketua Panitia (SC) Maruarar Sirait bertanggung jawab dan minta maaf. Maruarar sendiri mengatakan bahwa memang tidak semua pejabat diminta naik ke podium Piala Presiden.
(haf/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed