DetikNews
Minggu 18 Februari 2018, 17:47 WIB

Istana: Tak Ada Arahan dari Jokowi untuk Cegah Anies ke Podium

Ray Jordan - detikNews
Istana: Tak Ada Arahan dari Jokowi untuk Cegah Anies ke Podium Foto: Screenshot video
Jakarta - Video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak diajak ke podium Piala Presiden viral di media sosial. Di video itu, anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) membisiki Anies untuk tak ikut turun saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Piala Presiden 2018 ke Persija. Pihak Istana Kepresidenan menegaskan, tidak ada arahan dari Presiden Jokowi untuk mencegah Anies.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan, apa yang dilakukan oleh petugas Paspampres terhadap Anies itu adalah murni untuk menjalankan tugas. Sebab, nama Anies memang tak disebut oleh pihak panitia untuk turut mendampingi Presiden Jokowi saat penyerahan piala.

"Tindakan tersebut merupakan prosedur pengamanan karena Paspampres berpegang pada daftar nama pendamping Presiden yang disiapkan panitia. Paspampres hanya mempersilakan nama-nama yang disebutkan oleh pembawa acara untuk turut mendampingi Presiden Joko Widodo," kata Bey dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Minggu (18/2/2018).

[Gambas:Video 20detik]




"Tidak ada arahan apapun dari Presiden untuk mencegah Anies," tambah Bey.

Selama pertandingan, kata Bey, Presiden Jokowi dan Gubernur Anies sangat menikmati jalannya laga final itu. "Keduanya menonton dengan rileks, sangat informal, serta akrab. Presiden menyampaikan selamat dan menyalami Anies saat Persija mencetak gol," kata Bey.

Bey juga mengatakan, karena bukan acara resmi, Presiden juga masih perlu menunggu selama 15 menit di lapangan hingga selesainya pemberian penghargaan lain sebelum menyerahkan Piala Presiden kepada Persija.

Video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak diajak mendampingi Presiden Jokowi saat penyerahan Piala Presiden untuk Persija, viral di Facebook dan Twitter. Salah satunya di akun Facebook Ali Ghursaisah. Postingan itu sendiri sudah tidak dapat diakses, namun kalimat yang menyertai video ini sudah beredar pula lewat jejaring WhatsApp. Berikut penjelasan yang menyertai video itu:

Kemarin pas Persija juara, gue sempet nanya ke bang Anies. "Bang Anies kok ga turun ke lapangan Bang? Ngucapin selamat ke pemain Persija dong pak." Beliau hanya tersenyum gak jawab pertanyaan gue. Entah karena ga kedengeran, atau kenapa. Tapi beliau kaya menjawab dalam diam yg artinya "gue ga diundang ke podium.."
.
Terus pagi ini ada temen yg kirim postingan tentang kemenangan Persija semalam. Waduh langsung buru2 ngecek rekaman video di HP.
.
Ternyata..... gue ga sengaja ngerekam bang Anies ditahan sama paspampres waktu mau turun ke lapangan bareng rombongan Pakde Jokowi, Mentri Olahraga, dll. Terlihat wajah Bang Anies langsung berubah..
.
Keterangan gambar :
1. Video pas ditahan paspampres
2-4 Kira2 5 menit setelah bete di tahan paspampres
5. Postingan yg bikin gue ngecek rekaman HP hehe
(jor/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed