DetikNews
Minggu 18 Februari 2018, 09:38 WIB

Kadis SDA Sebut Tembok Ambrol di Kampung Berlan karena Terkikis Air

Mochamad Zhacky - detikNews
Kadis SDA Sebut Tembok Ambrol di Kampung Berlan karena Terkikis Air Foto: Yulida-detikcom
Jakarta - Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Teguh Hendrawan menyebut tembok rumah di Jalan Kesatrian X, Matraman, Jakarta Timur, ambrol karena terkikis aliran air sungai. Perbaikan tembok tersebut dilakukan bersamaan dengan penanganan jalan retak yang berada di seberang rumah.

"Ya (karena terkikis aliran air sungai). Ya, satu paket dengan ( jalan retak) kerja sama Bina Marga untuk jalannya," kata Teguh melalui pesan elektronik kepada detikcom, Sabtu (17/2/2018).

Teguh menuturkan perbaikan tembok ambrol dan jalan retak merupakan kewenangan dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC). Dia memastikan perbaikan tembok sudah dilakukan.

"Sebenarnya ini merupakan kewenangan dari BBWSCC Hanya kita (Dinas SDA DKI) yang kerjakan progress di lapangan. Sudah tertangani dengan baik," terang Teguh.

Ketua RT setempat Heri Suprianto mengatakan tembok belakang tiga rumah di wilayah yang dikenal sebagai Kampung Berlan ini ikut ambrol saat Jalan Kesatrian X mulai retak.

"Tembok rumah di seberang sungai itu sejak Senin (12/2) siang (ambrol). Ada tiga rumah, rumah yang kuning itu dapur. Sampingnya itu habis belakangnya WC-nya. Kalau yang krem itu habis itu teras belakangnya," kata Heri di Jalan Kesatrian X RT 12 RW 03.

Petugas dari Dinas SDA DKI pun sudah memperbaiki. Mereka memasang bronjong batu di bawah teras rumah warga yang ambrol untuk mengurangi tanah yang tergerus aliran sungai.

[Gambas:Video 20detik]


(zak/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed