DetikNews
Sabtu 17 Februari 2018, 21:38 WIB

Kapolda Jabar Cek Perbaikan Jalur Puncak Pasca Longsor

Farhan - detikNews
Kapolda Jabar Cek Perbaikan Jalur Puncak Pasca Longsor Kapolda Jabar Irjen Agung Budi (berkaca mata) meninjau perbaikan longsor di jalur Puncak, Sabtu (17/2/2018) Foto: Farhan-detikcom
FOKUS BERITA: Longsor di Puncak Pas
Bogor -

Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto meninjau proses perbaikan jalur Puncak yang mengalami longsor beberapa waktu lalu. Jalur Puncak Ciloto hingga kawasan Gunung Mas saat ini masih ditutup.

Irjen Agung mengatakan proses perbaikan di lokasi longsor membutuhkan waktu satu bulan. Informasi waktu perbaikan ini diterima Agung saat berbincang dengan pihak Kementerian PUPR.

"Kita cek lokasi pertama itu di Puncak Pass, (masuk) wilayah Cianjur di situ kita lihat sudah dipasang beronjong-beronjong. Insyaallah kalau normal, paling cepat itu bisa satu bulan selesai. Itu informasi dari teman-teman di Kementerian PU," ujar Agung di Puncak, Bogor, Sabtu (17/2/2018).

 Kapolda Jabar Irjen Agung Budi meninjau perbaikan longsor di jalur Puncak, Sabtu (17/2/2018) Kapolda Jabar Irjen Agung Budi meninjau perbaikan longsor di jalur Puncak, Sabtu (17/2/2018) Foto: Farhan-detikcom

Belum dapat dipastikan kapan jalur yang ditutup akan dibuka. Agung ingin agar perbaikan dilakukan secara permanen.

"Tapi tadi paparan di Posko, saya sampaikan, diharapkan sebelum lebaran bisa selesai proses perbaikan secara permanen. Jadi kita himbau, biar diselesaikan dulu secara permanen oleh temen-temen PU, baru nanti kita buka," imbuhnya.

Selain itu Agung meminta pihak terkait melakukan pengawasan di sepanjang jalur Puncak agar pengendara yang melintas tidak khawatir.

"Jadi kenapa belum dibuka secara total, sebetulnya karena dari aspek keselamatannya yang diutamakan, jadi daripada kita sudah buka total kemudian adanya beban yang cukup berat, sementara curah hujan di Puncak cukup tinggi, sehingga ada kerawanan terjadinya longsor lagi," imbuhnya.

[Gambas:Video 20detik]




(fdn/fdn)
FOKUS BERITA: Longsor di Puncak Pas
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed