DetikNews
Sabtu 17 Februari 2018, 14:02 WIB

Dekat Jalan Retak, Tembok Belakang 3 Rumah di Kp Berlan Ambrol

Yulida Medistiara - detikNews
Dekat Jalan Retak, Tembok Belakang 3 Rumah di Kp Berlan Ambrol Tembok bagian belakang rumah yang ambrol ke sungai di Jl Kesatrian X, Matraman, Jaktim, Sabtu (17/2/2018). (Yulida/detikcom)
Jakarta - Tembok belakang tiga rumah di Jl Kesatrian X, Matraman, Jakarta Timur, ambrol ke sungai. Lokasinya tak jauh dari jalan retak yang disebabkan oleh pergerakan tanah.

Ketua RT 12 Heri Suprianto menyebut tembok belakang tiga rumah di wilayah yang dikenal sebagai Kampung Berlan ini ikut ambrol saat Jalan Kesatrian X mulai retak.

"Tembok rumah di seberang sungai itu sejak Senin (12/2) siang (ambrol). Ada tiga rumah, rumah yang kuning itu dapur. Sampingnya itu habis belakangnya WC-nya. Kalau yang krem itu habis itu teras belakangnya," kata Heri di Jl Kesatrian X RT 12 RW 03, Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur, Sabtu (17/2/2018).

Bagian tembok belakang rumah yang ambrol ke sungai di Jl Kesatrian X, Matraman, Jaktim, Sabtu (17/2/2018)Bagian tembok belakang rumah yang ambrol ke sungai di Jl Kesatrian X, Matraman, Jaktim, Sabtu (17/2/2018). (Yulida/detikcom)

[Gambas:Video 20detik]


Sementara itu, warga lainnya, Elin Berlina, menyebut mendengar bunyi dari seberang jalan yang dipisahkan sungai. Warga, menurutnya, meneriaki pemilik rumah agar segera keluar.

"Ada bunyi kretak kretek, kita teriak supaya orang keluar dari rumahnya," kata Elin.

Mulanya bagian kamar mandi ambrol, lalu diikuti teras rumah bercat krem. Setelahnya, tembok warna kuning ikut ambrol.


Bagian tembok belakang rumah yang ambrol ke sungai di Jl Kesatrian X, Matraman, Jaktim, Sabtu (17/2/2018)Bagian tembok belakang rumah yang ambrol ke sungai di Jl Kesatrian X, Matraman, Jaktim, Sabtu (17/2/2018). (Yulida/detikcom)


"Akhirnya kemarin, karena takut tergerus lagi, tembok rumah krem itu dirobohkan karena takut ada longsor susulan. Akhirnya tembok sisanya ini diruntuhkan karena ada kawatnya yang nyambung dengan yang jatuh," sambungnya.



Siang ini tampak beberapa pekerja sedang memasang bronjong batu di bawah teras rumah warga yang ambrol. Sebagian warga lainnya mengamati dari kejauhan.
(yld/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed