DetikNews
Sabtu 17 Februari 2018, 01:18 WIB

Bantuan dari Bupati Brebes Kurang, Ini yang Dilakukan Korban Banjir

Imam Suripto - detikNews
Bantuan dari Bupati Brebes Kurang, Ini yang Dilakukan Korban Banjir Bupati Brebes, Idza Priyanti (Imam Suripto/detikcom)
Jakarta - Warga korban banjir di Desa Lengkong, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tegah, menggeruduk kantor desa dan sempat menahan Bupati Brebes, Idza Priyanti, agar tak langsung pulang sementara waktu.

Peristiwa ini terjadi pada Jumat (16/2/2018) malam. Mereka memaksa agar Bupati memerintahkan anak buahnya menurunkan seluruh bantuan yang ada di dalam truk.

Kejadian ini berawal saat rombongan Pemkab Brebes dan PMI Cabang Brebes, melakukan konvoi di beberapa desa yang terdampak banjir. Ada tiga desa yang akan didatangi yakni Lengkong Kecamatan Wanasari, Bojong, dan Kebogadung Kecamatan Jatibarang.

Rombongan ini membawa bantuan bagi korban banjir di ketiga desa tersebut. Ada 1.800 paket sembako terdiri dari mie instan, susu kemasan, minyak, kecap, makanan kering, ikan kemasan, dan air minum. Ada pula perlengkapan bayi dan nasi bungkus dan obat obatan serta pakaian pantas pakai. Sebuah truk milik Satpol PP disiapkan untuk membawa bantuan tersebut.

Paket bantuan ini akan dibagi masing masing desa sebanyak 600 paket. Sasaran pertama yang dituju adalah Desa Lengkong Wanasari.

Saat di desa ini, warga keluar rumah dan mendatangi Kantor Desa. Usai menyerahkan bantuan secara simbolis, secara tiba tiba warga merengsek mendekati rombongan Bupati Brebes dan PMI yang hendak meninggalkan desa.

"Maaf Bu, berapa bantuan yang untuk desa Lengkong," tanya salah seorang warga dengan nada tinggi.

Pertanyaan ini dijawab oleh Bupati. Dia mengatakan membawa 1.800 paket lengkap yang dibagikan kepada warga di tiga desa, masing masing 600 paket.

Mendengar jawaban ini, warga menjawab "Maaf kalau cuma kami dapat 600 lebih baik bawa pulang saja, jumlah KK disini ada 1400".

Sejurus kemudian, mereka mengerumuni mobil dinas bupati berikut truk bantuan dan meminta agar jumlah bantuan dipenuhi sebanyak 1400.

"Jangan pergi dulu Bu, kami minta agar paket di dalam truk diturunkan buat kami," kata warga lain sambil menghalangi mobil dinas Bupati.

Atas tuntutan warga ini, Bupati akhirnya memenuhi permintaan warga dan menambah jumlah bantuan sesuai tuntutan mereka.

Wakil Ketua PMI Cabang Brebes, Endang Yuniarti mengatakan, mobil rombongan tidak akan bisa keluar jika permintaan tidak dipenuhi.

"Tadi siang rombongan PMI juga dihadang dan dikejar ratusan warga pas membawa bantuan di desa itu. Kami terpaksa lari meninggalkan desa. Percuma juga kalau bantuan diturunkan karena bawanya cuma sedikit," tambahnya.



(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed