DetikNews
Jumat 16 Februari 2018, 07:22 WIB

Sebut Banjir di Cakung Terjadi Tiap Tahun, Anies Soroti Mistar Jalan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Sebut Banjir di Cakung Terjadi Tiap Tahun, Anies Soroti Mistar Jalan Sebut Banjir di Cakung Terjadi Tiap Tahun, Anies Soroti Mistar Jalan/ Foto: dok. Instagram Anies Baswedan
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan semalam meninjau langsung ke lokasi banjir RW 05 Kelurahan Rawa Terate, Cakung, Jakarta Timur. Anies mengatakan lokasi tersebut memang setiap tahun rutin terendam banjir.

"Tempat ini tiap tahun rutin alami banjir sampai-sampai di tembok pinggir jalannya, warga memasang mistar untuk mengukur ketinggian air," ucap Anies dalam akun Instagramnya, @aniesbaswedan, seperti dilihat detikcom, Jumat (16/2/2018).



Saking seringnya dilanda banjir, warga di RW 05 itu memasang alat pengukur ketinggian air (mistar). Menurut Anies, mistar pengukur air harusnya terpasang di pintu air atau di sungai, bukan di tepi jalan permukiman warga.

"Mistar seperti ini biasanya hanya ditemukan di pintu air, di sungai atau di bendungan tapi bukan di tepi jalan kampung. Ini aneh dan tidak bisa dibiarkan lagi," ucapnya.

Malam ini memeriksa kondisi warga dan situasi di RW 05 Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur yang sedang dilanda banjir. Menyusuri jalan-jalan yang terendam air dan bertemu langsung dng warga dan para pengurus RT/RW. . Tempat ini tiap tahun rutin alami banjir sampai-sampai di tembok pinggir jalannya, warga memasang mistar untuk mengukur ketinggian air. Mistar seperti ini biasanya hanya ditemukan di pintu air, di sungai atau di bendungan tapi bukan di tepi jalan kampung. Ini aneh dan tidak bisa dibiarkan lagi. . Kampung ini dikelilingi pabrik-pabrik besar, kita akan segera melakukan inspeksi apakah pabrik2 ini ikut mengalirkan air ke kampung2 di sekitarnya atau sudah mentaati aturan dengan prinsip zero run-off. . Salut untuk warga di sini yang bahu membahu menghadapi banjir, termasuk mendirikan dapur umum. . Apresiasi saya bagi seluruh warga, petugas Tagana, TNI dan Polri serta jajaran Pemprov DKI Jakarta yang ikut membantu warga menghadapi banjir malam ini...

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on Feb 15, 2018 at 6:43am PST

Anies juga menyoroti letak RW 05 tersebut yang dikelilingi pabrik-pabrik besar. Menurutnya Pemprov DKI akan melakukan inspeksi apakah pabrik itu ikut mengalirkan air ke permukiman warga.

"Kampung ini dikelilingi pabrik-pabrik besar, kita akan segera melakukan inspeksi apakah pabrik-pabrik ini ikut mengalirkan air ke kampung-kampung di sekitarnya atau sudah mentaati aturan dengan prinsip zero run-off," jelas Anies.

[Gambas:Video 20detik]


Anies pun mengapresiasi kesigapan warga yang bahu-bahu dalam mengahadapi banjir. "Salut untuk warga di sini yang bahu membahu menghadapi banjir, termasuk mendirikan dapur umum," tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau pengungsi yang berada di Masjid Al-Jihad Ilmi, Kelurahan Cakung Timur, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (15/2). Anies terlihat memakai jaket merah dan pakaian cokelat dengan tulisan Tagana pada bagian dada sebelah kiri. Dalam kunjungannya, Anies juga menyalurkan sejumlah bantuan makanan.
(ibh/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed