DetikNews
Kamis 15 Februari 2018, 10:32 WIB

Warga Tionghoa di Papua Menyambut Imlek

Wilfret Siagian - detikNews
Warga Tionghoa di Papua Menyambut Imlek Foto: Persiapan perayaan Imlek di Papua
Jayapura - Warga Tionghoa di Papua ikut merayakan hari raya tahun baru Imlek 2569. Para warga Tionghoa itu melakukan berbagai persiapan dalam menyambut perayaan itu mulai dari pemasangan lampion di rumah-rumah masing-masing juga di taman-taman sekitaran kota Jayapura, bahkan di hotel-hotel di Jayapura sangat terlihat nuansa Imlek dengan hiasan-hiasan yang serba merah kuning.

"Biasanya perayaan Imlek di kota Jayapura dipusatkan di Wihara Skyaland, warga Tionghoa datang dan berkumpul sejak pagi hari, kemudian acara salam-salaman sesama warga sambil menonton pertunjukan Barongsai," ujar Irianto salah satu warga Tionghoa di kota Jayapura.

Pemasangan lampion-lampion itu tidak saja dilakukan warga Tionghoa tetapi juga sebagian warga Papua. Salah satunya Daniel asal Biak saat ditemui sedang memasang lampion–lampion di seputaran Polimak, kota Jayapura.

Warga Tionghoa di Papua Menyambut ImlekFoto: Persiapan perayaan Imlek di Papua


"Kami sudah lama ikut Pak Ishak, jadi kita juga setiap tahun ikut merayakan Imlek," ujar Daneil yang didampingi Kusiam.

Salah satu tokoh warga Tionghoa di Jayapura, Ishak Motolalo mengungkapkan perayaan Imlek 2569 tahun ini, dirayakan seperti tahun-tahun sebelumnya yang dipusatkan di Wihara yang terletak di Bukit Skyland, Kota Jayapura pada 16 Pebruari 2018.

Warga Tionghoa telah ratusan tahun ada di Papua, namun perayaan Imlek baru dilakukan sejak tahun 2002 setelah presiden Gusdur menetapkan imlek sebagai hari raya nasional.

Warga Tionghoa di Papua Menyambut ImlekFoto: Persiapan perayaan Imlek di Papua


Atraksi Barong Sai setiap tahun dilaksanakan sejak tahun 2002 , sehingga ada nuansa baru dalam keragaman budaya nusantara. "Setiap ulang tahun kota Jayapura, Walikota selalu meminta kami untuk ikut menampilkan Barongsai, jadi ini sudah berlangsung sejak tahun 2002," ujar Ishak.

Dikatakan, karena perayaan Imlek ini berdekatan dengan hari Jadi Kota Jayapura, Selain hiasan lampion di pasang di rumah, juga dibuat ditaman-taman yang ada dikota Jayapura, seperti Taman Mesran, Taman Imbi, Taman Purasko dan tanam Mandiri, Walikota Jayapura juga meminta agar lampion-lampion yang dipasang di tanam-taman jangan dibuka sebelum perayaan Ulang tahun Kota Jayapura lewat.
(fjp/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed