DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 19:12 WIB

Catat! Kampanye Pilkada 2018 Dimulai Besok

Dwi Andayani - detikNews
Catat! Kampanye Pilkada 2018 Dimulai Besok Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Masa kampanye bagi pasangan calon kepala daerah peserta Pilkada 2018 dimulai besok. Masa kampanye ini akan berlangsung hingga 23 Juni 2018.

"Jadi 171 daerah yang menyelenggarakan Pilkada besok tanggal 15 Februari sampai dengan 23 Juni itu memasuki tahapan kampanye Pilkada," ujar Komisioner KPU, Wahyu Setiawan saat dihubungi detikcom, Rabu (14/2/2018).

Meski demikian, wilayah Papua belum memasuki jadwal penetapan pasangan calon. Alhasil, jadwal kampanye akan disesuaikan.

"Kalau belum penetapan tentu saja menyesuaikan dengan jadwal terpadu, seperti Papua itu konsekuensinya harus ada penyesuaian jadwal hasil kesepakatan. Sehingga untuk Papua, karena ada situasi tertentu yang khusus, salah satu kesepakatanya menyesuaikan jadwal," kata Wahyu.

Setiap pasangan calon kepala daerah diminta memanfaatkan masa kampanye sebaik mungkin. Calon kepala daerah juga diminta tak memanfaatkan anak-anak sebagai alat berkampanye.

"Tidak kalah pentingnya, kampanyekan dilarang melibatkan anak-anak, biarkan anak-anak ini tumbuh kembang sesuai dengan potensi jangan jadikan anak anak sebagai komoditas politik," kata Wahyu.

Jadwal kampanye ini sesuai dengan Peraturan KPU 2 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018.
(and/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed