DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 17:39 WIB

Teken MoU Keamanan Kompleks Parlemen, Kapolri: Tak Berkaitan UU MD3

Tsarina Maharani - detikNews
Teken MoU Keamanan Kompleks Parlemen, Kapolri: Tak Berkaitan UU MD3 Polri, DPR, MPR dan DPD Teken MoU Keamanan Kompleks Parlemen (Foto: Lamhot Aritonang)
FOKUS BERITA: DPR Imun & Antikritik
Jakarta - DPR bersama Polri menyepakati kerja sama peningkatan keamanan di lingkungan Kompleks Parlemen. Ketua DPR Bambang Soesatyo menampik hal ini dilakukan dalam rangka implementasi revisi UU MD3.

"Kerja sama ini sangat penting kita lakukan untuk meningkatkan marwah lembaga DPR, MPR, dan DPD dalam sisi keamanan. Bukan dalam sisi kritik atau imunitas," kata Bamsoet dalam pidatonya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

RUU MD3 sendiri telah resmi disahkan Senin (12/2) meski memuat sejumlah pasal kontroversial. Hasil revisi UU No 17/2014 itu dinilai menjadikan DPR sebagai lembaga antikritik dan kebal hukum.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Tito Karnavian pun menegaskan kerja sama ini tidak berkaitan dengan RUU MD3. Menurutnya, pembahasan sistem pengamanan di lingkungan DPR telah bergulir sejak lama di antara kedua institusi.


"Ini MoU saya mau jelaskan, penting ya. Tidak ada kaitannya dengan MD3. Ini sudah dibicarakan berapa tahun sebenarnya dari tahun 2003 tentang sistem pengamanan ini. Kalau MD3 kan barusan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri bersama Bamsoet, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang peningkatan pengamanan di lingkungan parlemen.

Bamsoet mengatakan, MoU ini merupakan sinergi dengan Polri terkait keamanan di Kompleks Parlemen. Peningkatan keamanan ini, kata Bamsoet, karena melihat tingginya potensi gangguan di gedung DPR.
(tsa/dkp)
FOKUS BERITA: DPR Imun & Antikritik
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed