DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 17:14 WIB

Kapolri, Bamsoet, Zulkifli, OSO Teken MoU Keamanan Kompleks Parlemen

Tsarina Maharani - detikNews
Kapolri, Bamsoet, Zulkifli, OSO Teken MoU Keamanan Kompleks Parlemen Kapolri, Ketua DPR, Ketua MPR, Ketua DPD teken MoU pengamanan di Kompleks Parlemen (Foto: Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang peningkatan pengamanan di lingkungan parlemen.

Bamsoet mengatakan, MoU ini merupakan sinergi dengan Polri terkait keamanan di Kompleks Parlemen. Peningkatan keamanan ini, kata Bamsoet, karena melihat tingginya potensi gangguan di gedung DPR.

"Ini adalah bentuk sinergitas Polri dan DPR dalam menjaga stabilitas keamanan di lingkungan DPR," kata Bamsoet dalam jumpa pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Tito memastikan bahwa pengamanan yang dilakukan Polri tidak akan mengganggu hubungan antara DPR dan masyarakat. Ia tidak ingin menciderai proses demokrasi.

"Jadi bagaimana kita membuat sistem keamanan bagi anggota dewan sekaligus memberikan ruang publik bagi rakyat," ujar Tito.

"Jangan sampai juga sistem ini terlalu ketat sehingga menyulitkan hubungan antara rakyat dan wakil rakyat. Demokrasi ini adalah pintu untuk menyampaikan aspirasi," imbuhnya.

Acara ini juga dihadiri oleh pimpinan DPR seperti Fahri Hamzah dan Agus Hermanto. Hadir pula Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz.
(tsa/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed