DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 15:35 WIB

Pemprov DKI Kaji Konsep Naturalisasi Sungai yang Digaungkan Anies

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Pemprov DKI Kaji Konsep Naturalisasi Sungai yang Digaungkan Anies Ilustrasi bantaran Kali Ciliwung (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan ingin melakukan naturalisasi sungai di Jakarta. Pemprov DKI terus mengkaji konsep naturalisasi tersebut.

"Pak Gubernur punya konsep itu saya kira positif. Tinggal bagaimana kita implementasikan, bagaimana yang namanya naturalisasi sungai. Sekarang ini kan perlu treatment," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air, Teguh Hendrawan, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2018).

Teguh mengakui Pemprov DKI selama ini hanya menerapkan konsep normalisasi dengan membeton sungai. Dia belum bisa menjelaskan konsep detail naturalisasi, tapi dia mengatakan konsep naturalisasi akan lebih ramah terhadap lingkungan.

"Selama ini kita hanya sebatas bangun, menyalurkan air, buang ke laut. Kita arahkan naturalisasi supaya nggak hanya beton, tapi juga ada penghijauannya," terangnya.

Teguh mengatakan konsep naturalisasi dengan model sungai berkelok-kelok agak sulit diwujudkan. Menurutnya, warga banyak yang membendung sungai dan menyebabkan kontur sungai berubah menjadi lurus.

"Ya kita juga normalisasi mengikuti alur sungai yang sekarang ada. Memang secara konturnya seperti jalan ular. Tapi masyarakat kadang suka bendung, dibikin lurus, nah itu yang akhirnya debit air tidak tertahan," jelasnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengatakan akan menata sungai di Jakarta dengan cara naturalisasi. Naturalisasi, menurut Anies, akan mengembalikan fungsi sungai seperti aslinya.

"(Mengatasi banjir) salah satunya ada soal naturalisasi sungai. Bagaimana sungai itu bisa mengelola air dengan baik. Bagaimana mengamankan (air) tidak melimpah, tapi juga ekosistem sungai dipertahankan," kata Anies di Pluit, Jakarta Utara, Rabu (7/2).
(fdu/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed