DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 14:56 WIB

JR Saragih Tak Lolos Pilgub Sumut 2018, PD Gugat KPUD ke Bawaslu

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
JR Saragih Tak Lolos Pilgub Sumut 2018, PD Gugat KPUD ke Bawaslu Foto: Hinca Panjaitan (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - JR Saragih dan Ance Selian tak lolos menjadi pasangan calon di Pilgub Sumatera Utara lantaran nama pertama bermasalah di ijazah SMA. Partai Partai Demokrat (PD) selaku tempat JR Saragih bernaung segera menempuh langkah hukum.

"Kami sudah ambil langkah hukum yang disediakan UU, adalah ke Bawaslu Provinsi. Jadi hari ini kami daftarkan dan nanti ada masa perbaikan 3 hari sesudah itu sidang dan 15 hri bisa putus," ujar Sekjen PD Hinca Panjaitan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/2/2018).


Jika gugatan ke Bawaslu Provinsi Sumut Gagal, PD menyiapkan langkah lain. Gugatan ke PTTUN akan ditempuh.

"Bila itu tetap belum berhasil, tentu kami masih punya kesempatan ke PTTUN. Sekadar diketahui teman-teman, bahwa MA pernah memutuskan soal ijazah ini dan sudah dinyatakan secara tegas bahwa ijazah itu adalah ijazahnya Pak JR Saragih," ucap Hinca.


Hinca harap permasalahan ini berakhir dengan baik. Hinca juga mengatakan JR Saragih akan dipanggil ke DPP PD hari ini.

"Saya belum tahu detail sekali tentang apasi soalnya, tapi saya dengar ada legalisir dan sore hari ini saya panggil Pak JR Saragih untuk datang ke DPP setelah dia nanti mendaftarkan gugatannya di Bawaslu Provinsi," sebut Hinca.

KPUD Sumut hanya meloloskan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Ijeck) dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus di Pilgub Sumut. Pasangan pertama mendapat nomor urut 1, sedangkan Djarot-Sihar nomor 2.
(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed