DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 14:36 WIB

Pemprov DKI Bangun Rusun untuk Warga Terdampak Sodetan Ciliwung

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Pemprov DKI Bangun Rusun untuk Warga Terdampak Sodetan Ciliwung Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta akan membangun rumah susun (rusun) untuk merelokasi warga yang terdampak sodetan Ciliwung. Rusun akan dibangun di Bidara Cina, Jakarta Timur.

"Di situ ada HPL (Hak Pengelolaan Lahan). Luasnya sekitar 3,2 hektare rencananya akan dibangun rusun di situ," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air, Teguh Hendrawan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2018).

Teguh mengatakan telah melakukan negosiasi dengan warga yang memiliki lahan di Bidara Cina. Dia mengatakan pembangunan rusun akan dilakukan secepatnya.

"Ada kepemilikan pribadi, Pak Hengky. Luasnya berapa hektare gitu. Itu sudah negosiasi supaya warga yang menempati mendapatkan ganti," jelasnya.

Teguh menjelaskan sodetan Ciliwung diyakini dapat mengurangi debit air hingga 40 persen. Menurutnya, proyek sodetan Ciliwung telah mencapai 50 persen.

"Pembangunan itu bisa mengurangi debit air sekitar 40 persen. Dan bisa diarahkan ke Kanal Banjir Timur. Kami kan belum selesai. Di lapangan progresnya baru sekitar 50 persen," terangnya.


(fdu/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed