DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 14:10 WIB

Dishub: Pembukaan Kembali Jalan Tanah Abang Belum Bisa Dilakukan

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Dishub: Pembukaan Kembali Jalan Tanah Abang Belum Bisa Dilakukan Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta - Polisi menyarankan jalan di kawasan Tanah Abang dibuka untuk semua kendaraan. Dishub DKI mengatakan saran polisi untuk membuka Tanah Abang belum bisa diakomodasi hingga desain penataan selesai dibuat.

"Ya untuk saat ini kebijakan pembukaan kembali, option tersebut kita belum bisa akomodir dan ini sudah kita sampaikan juga ke Dirlantas," kata Wakil Kepala Dishub DKI Sigit Wijatmoko di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2018).

Pemprov DKI sedang mengkaji penataan Tanah Abang dalam jangka panjang. Penataan Tanah Abang akan diintegrasikan dengan jalur transportasi dan hunian di lokasi tersebut.

"Kita mengintegrasikan terkait dengan perencanaan, perencanaan yang ada kan. Berkembang dengan TOD (transit oriented development) kawasan Tanah Abang. Kita ambil tagline dengan nama penataan kawasan Tanah Abang," jelasnya.

Sebelumnya, pihak kepolisian menyambut baik bolehnya angkot lewat kawasan Tanah Abang. Akan tetapi, polisi tetap menyarankan agar seluruh lajur di Jalan Jatibaru dibuka dan dikembalikan fungsinya untuk lalu lintas kendaraan.

"Alangkah baiknya kalau semua lajur dibuka agar kinerja lalu lintas lebih baik," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra kepada detikcom, Selasa (30/1).

Polisi menyarankan agar pedagang kaki lima (PKL) dipindahkan ke tempat yang lebih layak, sehingga trotoar dan Jalan Jatibaru bisa digunakan sesuai fungsinya.

"Kami sudah berikan rekomendasi ke gubernur terkait penataan Tanah Abang ini," tuturnya.
(fdu/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed