DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 10:28 WIB

Tengkorak 8.000 Tahun Ditemukan di Bekas Danau Swedia

Rina Atriana - detikNews
Tengkorak 8.000 Tahun Ditemukan di Bekas Danau Swedia Tengkorak yang ditemukan di Swedia (Foto: Dok. Live Science)
Stockholm - Para arkeolog menemukan kompleks pemakaman kuno di bekas danau di Swedia. Di area tersebut ditemukan sejumlah tengkorak manusia berusia 8.000 tahun.

Dikutip dari RT, Rabu (14/2/2018), tengkorak tersebut ditemukan di Kanaljorden, Kota Motala, Swedia tengah. Dalam jurnal Antiquity dijelaskan penemuan tersebut menantang peneliti mencari tahu soal cara penanganan orang meninggal di masa Mesolithicera Eropa.

Tengkorak tersebut, dari bentuknya, menunjukkan tanda-tanda trauma benda tumpul. Diduga, masih menurut jurnal Antiquity, trauma tersebut akibat kekerasan interpersonal.

Namun ada luka lain yang menunjukkan tanda-tanda penyembuhan. Hal tersebut mengindikasikan kekerasan benda tumpul tak membunuh mereka.

Di pemakaman kuno tersebut ditemukan tengkorak 11 orang dewasa, tapi hanya satu yang memiliki tulang rahang. Peneliti cukup kesulitan mengungkap jenis kelamin tengkorak tersebut, diperkirakan 3 wanita dan 6 atau 7 laki-laki.

Hal menarik bagi peneliti di antaranya luka yang ditemukan berbeda di antara jenis kelamin. Pria cenderung memiliki trauma di bagian atas atau depan kepala, sedangkan wanita terluka di belakang kepala.

Objek penelitian lain adalah kerangka-kerangka bayi yang ditemukan menunjukkan ciri-ciri meninggal tak lama setelah lahir.
(rna/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed