DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 10:29 WIB

BKSDA Aceh: Buaya yang Ditangkap di Aceh Timur Bobotnya 600 Kg

Herianto Batubara - detikNews
BKSDA Aceh: Buaya yang Ditangkap di Aceh Timur Bobotnya 600 Kg Warga Aceh Timur Tangkap Buaya Muara (dok BKSDA Aceh)
Aceh - Pihak BKSDA Aceh sudah melakukan pemeriksaan dan pengukuran terhadap buaya muara yang ditangkap warga di wilayah Aceh Timur. Buaya betina ini memiliki berat 600 kg dan panjang 4,80 meter.

"Ini buaya muara betina, panjangnya 4,80 meter, lebar 60 cm, dan bobotnya tidak 1 ton, tetapi 600 kg," kata Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo, saat dihubungi detikcom lewat telepon, Rabu (14/2/2018).

Sapto menjelaskan buaya muara ini terbilang sudah tua. Umurnya diperkirakan sudah 70 tahun.

BKSDA Aceh: Buaya yang Ditangkap di Aceh Timur Bobotnya 600 KgWarga Aceh Timur menangkap buaya berukuran besar. (dok BKSDA Aceh)


"Giginya sebagian sudah rontok," ujarnya.

[Gambas:Video 20detik]


Ditambahkan Sapto, hingga pagi ini buaya muara tersebut belum dievakuasi oleh BKSDA Aceh. Petugas masih berada di lokasi melakukan penanganan. Dia memastikan buaya ini dalam keadaan sehat.

"Kami juga memberikan edukasi ke warga bagaimana tetap menjaga keselamatan buaya, cara penanganan yang betul, tidak seperti kemarin ditali-tali," ucapnya.

Warga menangkap buaya muara betina ini di wilayah Kwala Malehan, terusan Sungai Arakundo, menggunakan jaring pada Selasa (13/2). Warga resah karena buaya ini beberapa kali menampakkan diri sehingga ditakutkan akan ada warga yang menjadi mangsa.


Warga yang berdatangan melihat dan memotret buaya yang ditangkap ini dengan kamera handphone. Saat itu buaya ini diperkirakan memiliki panjang 5 meter dengan bobot sekitar 1 ton.
(hri/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed