DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 09:20 WIB

Agar Tak Jadi Korban Pelecehan, Catat Hal Ini Saat Naik Taksi Online

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Agar Tak Jadi Korban Pelecehan, Catat Hal Ini Saat Naik Taksi Online Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta - Aksi pelecehan seksual di dalam taksi online sering terjadi belakangan ini. Polri mengimbau kepada penumpang agar mengingat sejumlah poin berikut ini agar terhindar dari tindakan tersebut.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul menuturkan, penumpang taksi online sebaiknya memastikan sopir taksi online yang akan mengantarnya memiliki identitas yang jelas. Identitas tersebut, dikatakan Martinus, sebaiknya diingat bahkan dicatat oleh penumpang.

"Pastikan bahwa kendaraan yang mengangkut memiliki identitas yang jelas. Ingat dan bila perlu dicatat, walau nomor HP dan nama sudah diketahui melalui pemesanan," kata Martinus kepada detikcom, Rabu (14/2/2018).

Tak hanya itu, Martinus pun mengimbau agar ada kesepakatan antara driver dan pengemudi terkait rute perjalanan yang akan ditempuh. "Pastikan route ke tujuan sudah disepakati oleh penumpang dan pengemudi," tuturnya.

Martinus kemudian mengatakan, penumpang taksi online sebaiknya tidak duduk di bangku bagian depan tepat di sebelah pengemudi. Hal itu dimaksudkan untuk menghindari tindak kejahatan yang dapat terjadi kapan saja.

"Duduklah di belakang, tidak di samping pengemudi," sebutnya.

Salah satu kasus yang baru saja terjadi yakni saat driver taksi online, Angrizal melakukan pelecahan kepada penumpang wanitanya di dalam mobil.

Ia melakukannya dalam perjalanan menuju Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (12/2) sekitar pukul 04.00 WIB. Alih-alih membawa korban ke Bandara Soekarno-Hatta, pelaku malah membawa korban ke tempat sepi dan gelap.

"Korban saat itu dari Bekasi hendak ke Bandara Soekarno-Hatta, mau terbang ke luar kota. Tapi korban malah dibawa ke tempat sepi dan dilecehkan oleh pelaku," ujar Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Aris Supriyono.

Pelaku juga sempat mengambil iPhone 6 milik korban sebelum akhirnya menurunkan korban di kawasan dekat Bandara Soekarno-Hatta.
(yas/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed