DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 00:54 WIB

Sempat Hilang, Bocah di Jaksel Ini Ternyata Kesasar Ikut Ondel-ondel

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Sempat Hilang, Bocah di Jaksel Ini Ternyata Kesasar Ikut Ondel-ondel Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta - Tiga anak kecil sempat hilang di kawasan Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Namun anak itu ternyata tak tahu arah pulang setelah melihat ondel-ondel.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Mardiaz Kusin Dwihananto menjelaskan peristiwa itu bermula saat orang tua masing-masing anak mencari Fajri (6), Sultan (3), dan Aulia (6). Ketiga orang tersebut biasanya bermain di sekitar rumah. Namun, sampai sore hari, ketiganya tak kunjung pulang.

"Ketiga anak tersebut biasanya bermain bersama di sekitar rumah. Tapi sampai sore hari ketiga anak tersebut tidak kelihatan dan pada saat dicari orang tuanya, mereka tidak ditemukan, sehingga orang tua berinisiatif melapor dan meminta bantuan warga," kata Mardiaz dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (13/2/2018).

Warga setempat pun turut membantu mencari ketiga anak tersebut. Bahkan pencarian diumumkan juga di masjid setempat.

"Di Masjid Baiturrahman al-Haq juga telah diumumkan berita tentang anak hilang, ujar Mardiaz.

Singkat cerita, informasi mengenai pencarian ketiga orang anak itu menyebar ke sejumlah tempat. Akhirnya salah seorang anak yang dicari, Fajri, pulang dan menemui keluarganya.

"Pada saat ditanya orang tuanya, ia mengatakan Sultan dan Aulia ditinggal di daerah Mencong (Tangerang). Ketika diminta menunjukkan lokasi, ternyata kedua anak tersebut sudah diserahkan oleh warga ke Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Rawat Kambing Ciledug," kata Mardiaz.

Fajri pun diminta menunjukkan tempat kedua orang temannya berada. Namun Sultan dan Aulia telah dibawa ke kantor Dinas Pemadam Kebakaran Ciledug.

Menurut salah seorang petugas, Jamhari, Sulton dan Aulia ditemukan di warung pinggir jalan di Mencong, Tangerang. Setelah ditanya, ternyata keduanya berjalan ke arah Ciledug namun tak tahu arah jalan pulang.

"Kedua anak tersebut kemudian dibawa ke kantor Dinas Pemadam Kebakaran Rawa Kambing, Ciledug, dan kepada ketua RT di dekat lokasi anak ditemukan dipesankan agar apabila ada warga yang kehilangan untuk menyusul ke kantor Dinas Pemadam Kebakaran," terang Jamhari seperti disampaikan Mardiaz.

Sementara itu, Kapolsek Pesanggrahan Kompol Eko mengatakan ketiga anak itu sempat dicari orang tuanya setelah melihat-lihat ondel-ondel. Namun ketiganya jalan terlalu jauh sehingga kebingungan.

"Ngikutin ondel-ondel. Kejauhan ngikutin-nya sampai masuk wilayah Ciledug, pulangnya kebingungan," tutur Eko.

Atas kejadian ini, polisi menegaskan ketiga anak itu bukan merupakan korban penculikan. Polisi pun mengimbau masyarakat tetap berhati-hati dan selalu mengawasi anaknya.

"Ketiga anak yang hilang bukan karena menjadi korban penculikan, tetapi karena tersesat dan ditinggalkan oleh temannya. Perlunya menjadi perhatian orang tua agar lebih waspada dan tetap melakukan pengawasan kepada anak anaknya yang sedang bermain," tegas Mardiaz.
(knv/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed