DetikNews
Selasa 13 Februari 2018, 14:25 WIB

Sudah Terima Rekomendasi Pansus DPR, KPK Segera Tentukan Sikap

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Sudah Terima Rekomendasi Pansus DPR, KPK Segera Tentukan Sikap Rapat bersama Agus Rahardjo dan Komisi III DPR/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - KPK mengaku telah menerima rekomendasi Pansus Hak Angket KPK di DPR. Ketua KPK Agus Rahardjo menyebut pihaknya segera menentukan sikap terkait rekomendasi itu.

"Sudah kita terima, saya bacanya kemarin sepulang dari sini. Tadi kita putuskan, nanti jam tiga kita akan bahas itu berlima, nanti kita jawab itu ke DPR," ujar Agus di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Agus mengatakan DPR memberi waktu kepada pihaknya untuk memberi jawaban hingga pukul 23.59 WIB nanti. Soal apakah akan hadir di rapat paripurna yang membacakan rekomendasi Pansus Angket KPK, Agus menyebut pihaknya tak mendapat undangan.


[Gambas:Video 20detik]




"Ndak ada undangan itu (datang ke paripurna), kita hanya dikirimi hasil. Pansus kemudian jawabannya ditunggu DPR sampai tanggal 13, tanggal 13 kan sampai jam 12 kan," ucap Agus.

Meski mengaku sudah membaca rekomendasi Pansus, Agus enggan merinci isinya. Bagi Agus, pihaknya memilih mempelajari keseluruhan isi rekomendasi itu dahulu.

"Kita akan pelajari dulu rekomendasi itu. Bentuknya apa, kita belum tahu kok," ucap dia.

Pansus Hak Angket DPR terhadap KPK telah memutuskan sejumlah rekomendasi. Salah satu rekomendasinya adalah peningkatan anggaran untuk KPK dalam aspek pencegahan tindak pidana korupsi.

"Di bidang aspek pencegahan, masih cukup kedodoran. Jadi yang lebih dominan itu aspek penindakan, sehingga budaya malu orang mencegah dirinya untuk tidak korupsi tidak maksimal," ujar ketua Pansus Hak Angket KPk Agun Gunanjar seusai rapat pleno Pansus di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/2).

Hasil rekomendasi lainnya pun berfokus pada penguatan KPK. Poin tersebut di antaranya mengatur soal kelembagaan, kewenangan, sumber daya manusia, dan anggaran KPK.
(gbr/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed