DetikNews
Selasa 13 Februari 2018, 09:58 WIB

2 Warga Musi Kena OTT Polisi Hutan Sedang Gergaji Pohon Babat Hutan

Raja Adil Siregar - detikNews
2 Warga Musi Kena OTT Polisi Hutan Sedang Gergaji Pohon Babat Hutan Ilustrasi (andi/detikcom)
Palembang - Polisi hutan menangkap dua pelaku penebangan liar di kawasan Taman Nasional Berbak Sembilang (TNBS), Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Saat penangkapan, tim menemukan berbagai jenis kayu yang sudah ditebang.

Penangkapan ini bermula saat tim Polisi Kehutanan Balai TNBS melakukan patroli dan mendapati dua pelaku berinisial S dan D, sedang menebang pohon secara ilegal pada Selasa (6/2) sekitar Pukul 09.30 WIB. Tak ingin kecolongan, tim langsung melakukan penangkapan terhadap kedua pelaku yang merupakan warga Musi Banyuasin ini.

"Dari hasil operasi itu, tim dilapangan menemukan adanya dua pelaku yang sedang menebang pohon di kawasan taman nasional. Setelah dilakukan penangkapan, ternyata juga ditemukan ada kayu gelodongan yang sudah dimuat di kapal," kata Kepala Seksi III Balai Gakkum Wilayah Sumatera, Dodi Kurniawan kepada detikcom, Selasa (13/2/2018).

Dijelaskan Dodi, pihaknya menemukan berbagai jenis kayu gelondongan yang sudah ditebang di TKP. Mulai dari kayu jenis api-api berdiameter 20 cm dan panjang 50 cm, kayu pedada dengan diameter 30 cm dan panjang 40 cm, serta 125 batang kayu gelondongan.

Selain itu, ada pula peralatan yang digunakan untuk melakukan penebangan, seperti 2 gergaji mesin, parang dan gergaji tangan. Termasuk dua unit kapal yang digunakan untuk mengangukut kayu keluar dari kawasan tersebut.

"Saya rasa tidak hanya dua pelaku saja, kita masih terus melakukan penyidikan untuk mengembangkan siapa pelaku lain dan perannya. Hari ini beberapa saksi kita periksa untuk melengkapi berkas dan mendalami keterlibatan pelaku lain," sambungnya.

Atas perbuatannya, kedua pelaku kini harus mendekam di sel tahanan Polda Sumsel. Pelaku juga akam diancam dengan UU Kehutanan.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed