DetikNews
Selasa 13 Februari 2018, 07:01 WIB

Kapolri akan Beri Penghargaan ke 4 Kepala Polisi Negara Tetangga

Mei Amelia R - detikNews
Kapolri akan Beri Penghargaan ke 4 Kepala Polisi Negara Tetangga Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan memberikan penghargaan kepada empat kepala kepolisian negara tetangga. Pemberian penghargaan akan dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari besok.

"Hari Rabu saya akan berikan penghargaan Bhayangkara, penghargaan tertinggi untuk negara sahabat, kita akan menjamu dan hari Rabu kita akan mengadakan press rilis di komplek PTIK," ujar Tito di Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Kepala polisi negara tetangga yang akan datang yakni kepala polisi Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, dan Singapura. Ada beberapa agenda yang akan dibahas Kapolri bersama para kapolri negara sahabat, di antaranya masalah narkotika.

Kapolri mengatakan, kerja sama police to police antara Polri dengan kepolisian negara sahabat selama ini sudah berjalan cukup baik. Seperti dengan Kepolisian Taiwan, kerja sama yang baik menghasilkan pengungkapan 1 ton sabu di Cilegon, Banten, pada tahun 2017 lalu.

"Kemudian kepolisian Hong Kong juga cukup baik, kita sedang membangun hubungan dengan kepolisian Tiongkok," tuturnya.

Begitu juga hubungan Polri dengan Kepolisian Malaysia yang cukup erat. Polri dan Polisi Diraja Malaysia beberapa kali bekerja sama mengungkap kasus tidak hanya narkotika, tetapi kasus lainnya, seperti penculikan WN Malaysia di Batam.

"Dengan Malaysia memiliki hubungan dengan baik, mereka juga sama menghadapi persoalan padahal di sana juga (berlaku) hukuman mati (untuk pelaku narkotika), tapi juga menghadapi persoalan masuknya narkotik yang cukup banyak di Malaysia," sambungnya.

"Kerja sama terus kita kembangkan dengan negara-negara sahabat, karena narkotika ini bukan hanya persoalan Indonesia, persoalan regional dan persoalan internasional," tambahnya.

Sementara itu, Kapolri juga akan memberikan penghargaan kepada tim Satgassus Polri dan Polda Metro Jaya di bawah pimpinan Kombes Suwondo Nainggolan dan Kombes Herry Heryawan yang mengungkap 240 Kg sabu di Dadap, Tangerang.

"Saya seperti biasa untuk pengungkapan besar saya berikan reward dan sebaliknya bagi yang melakukan pelanggaran, bandar narkoba seperti yang di beberapa daerah ada (oknum polisi) yang ikut menjual, bahkan ada yang di PTDH. Tapi bagi yang berprestasi saya akan berikan reward ke tim ini dan tim lain untuj berlomba-lomba agar berprestasi," paparnya.
(mei/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed