DetikNews
Senin 12 Februari 2018, 19:22 WIB

Bareskrim Masih Buru Honggo Tersangka Kasus Kondensat

Denita Br Matondang - detikNews
Bareskrim Masih Buru Honggo Tersangka Kasus Kondensat Foto: Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Agung Setya. (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Tersangka kasus kondensat Honggo Wendratmo masih belum ditemukan. Bareskrim Polri menyebut telah melakukan 31 upaya dalam sebulan mencari jejak Honggo.

Direktur Tindak Pidana Bareskrim Brigjen Agung Setya mengatakan kasus dugaan korupsi kondensat termasuk kejahatan yang kompleks. Pihaknya butuh waktu dalam memproses kasus kondensat, termasuk melacak Honggo.

"Kalau kejahatan ini kejahatan yang cukup kompleks. Kemudian kami berproses dengan berbagai macam dinamika untuk membuktikan kejahatannya itu bagaimana bisa menemukan fakta bahwa apa yang kemudian dilakukan dalam proses itu kami temukan faktanya. Kami sudah ada 31 kegiatan agar Honggo ini bisa disidang segera," kata Agung di kantor Bareskrim, Gedung KKP, Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Senin (12/02/2018).

Agung mengatakan 31 langkah itu dilakukan sejak Honggo mangkir dari agenda pemeriksaan sebagai tersangka. Diantaranya, menggeledah sejumlah rumah Honggo, bekerja sama dengan Interpol, dan menyebar poto DPO Honggo.

"Kami lakukan 31 macam kegiatan setelah Honggo dipanggil tidak datang, dijemput tidak ada, geledah, juga dengan otoritas Singapura juga, Kalau aturan luar ya harus ikut aturan hukum internasional. Itulah prosedurnya," tutur Agung.

Agung juga enggan menanggapi beredarnya foto Honggo yang diduga tengah berada di Singapura. Agung menyebut otoritas Singapura telah mendatangi Bareskrim memberi keterangan posisi Honggo.

"Saya nggak mau terpengaruh foto itu, ada 31 kegiatan dari kami dalam satu bulan ini soal kondesat ini. Itu otoritas Singapura sudah datang ke sini. Menyatakan bahwa Honggo tinggalkan singapura itu akhir tahun 2016," pungkas Agung.


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed