DetikNews
Senin 12 Februari 2018, 17:47 WIB

Sodetan Kali Ciliwung Dilanjutkan, Sandi: Kita Dialog dengan Warga

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Sodetan Kali Ciliwung Dilanjutkan, Sandi: Kita Dialog dengan Warga Ilustrasi/sungai Ciliwung/Foto: Ari Saputra
FOKUS BERITA: Banjir 2018
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan akan terus melanjutkan proyek soderan Kali Ciliwung untuk mengurangi banjir. Negosiasi dengan warga untuk membebaskan lahan.

"Kita akan terus lakukan negosiasi dan dialog dengan warga, Pak Sekda sendiri yang memimpin. Tiap pagi ada rapat daily meeting pagi-pagi sekali," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2018).

Sandiaga ingin proyek sodetan Kali Ciliwung didukung seluruh warga. Dia menegaskan Pemprov ingin membebaskan Jakarta dari siklus banjir besar tiap lima tahunan.

"Kita ingin dengan dukungan semua warga, dialog yang kita bangun bisa antisipasi lebih waspada dengan ancaman banjir. Juga siklus lima tahun yang selama ini selalu kita biasakan sudah tidak ada lagi," jelas Sandiaga.

Proyek sodetan Kali Ciliwung terhambat karena lahan di Bidara Cina ditempati warga. Warga setuju proyek lanjut, namun dengan syarat. Syarat itu adalah kompensasi yang layak untuk warga, termasuk tempat tinggal pengganti yang layak.

Sedangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengaku sudah berkomunikasi dengan warga. Dia ingin program pengelolaan air limpahan dari hulu ini berjalan dengan baik.

"Warga sudah datang ketemu saya dengan tokoh-tokoh masyarakatnya dengan penasihat hukumnya tapi ini demi kebaikan bersama tuntaskan semua pembicaraan sampai sudah selesai baru nanti. Sehingga tidak menimbulkan kesimpangsiuran. Semata-mata untuk kebaikan warga agar program berjalan dengan baik," kata Anies, Minggu (11/2).
(fdu/fdn)
FOKUS BERITA: Banjir 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed