DetikNews
Senin 12 Februari 2018, 17:24 WIB

Sidang Setya Novanto

Eks Sekretaris Mengaku Diminta Nazaruddin Bakar Catatan Keuangan

Faiq Hidayat - detikNews
Eks Sekretaris Mengaku Diminta Nazaruddin Bakar Catatan Keuangan Suasana persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)
FOKUS BERITA: Novanto Dieksekusi
Jakarta - Eva Ompita Soraya mengaku pernah diminta Muhammad Nazaruddin untuk membakar catatan pengeluaran keuangan. Eva merupakan mantan sekretaris Nazaruddin.

"Pernah Pak Nazaruddin nyuruh dibakar saja catatannya?" tanya jaksa pada Eva dalam sidang lanjutan perkara korupsi proyek e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2018).

"Pernah (bakar catatan), jadi setelah kongres (Partai Demokrat), Pak Nazar bilang 'Eva, sudah itu dibuang saja catatan, saya bilang 'kalau bapak nanya lagi gimana', (dijawab Nazaruddin) 'nggak kok, saya ingat'. Makanya saya simpan, pas (Nazaruddin) nanya, saya kasih, 'oh ini masih Pak'," jawab Eva.

Selain itu, Eva mengatakan Nazaruddin pernah meminta catatan keuangan dan data flashdish sebelum pergi ke luar negeri. Saat diberikan catatan dan flashdish, Nazaruddin kemudian memilih berkas catatan dokumen.


"Jadi sebelum Pak Nazar ke luar negeri, saya disuruh ngasih catatan dan flashdish semua pengeluaran ke beliau, pas ketemu di hotel Jalan Sudirman dan dia memilih mana yang dibawa," ucap Eva.

"Sekarang di mana catatannya?" tanya jaksa.

"Sekarang di Pak Nazar (catatan)," jawab Eva.

Eva dalam tugasnya selalu mencatatan keuangan yang masuk dan keluar. Uang yang biasa masuk dari iuran setiap anggota DPR sejumlah Rp 5 juta per bulan.

"Tiap bulan total Rp 600 juta dan potongan iuran Rp 5 juta setiap anggota," ujar Eva.

"Sumber keuangan itu dari mana?" tanya jaksa.

"Yang saya tahu iuran anggota dan uang Pak Nazar sendiri," ucap Eva.



(fai/dhn)
FOKUS BERITA: Novanto Dieksekusi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed