Sopir Bus Maut Tanjakan Emen Luka Ringan, Dirawat di Klinik Polres

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Minggu, 11 Feb 2018 05:31 WIB
Bus yang terguling di Tanjakan Emen setelah selesai dievakuasi. Foto: Istimewa
Jakarta - Sebanyak 27 korban tewas kecelakaan bus di Tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat sudah teridentifikasi di RSUD Ciereng. Sementara itu sopir bus hanya mengalami luka ringan.

Menurut data yang diperoleh detikcom dari Kadishub Jawa Barat Dedi Taufik, Minggu (11/2/2018), sopir bus itu atas nama Amirudin bin Abdul Rahman. Dia hanya mengalami luka ringan dan dirawat di klinik Polres Subang.

Hanya Amirudin saja yang berada di klinik Polres Subang. Sementara itu kernet bus, Dedi Kusnaedi, mengalami luka berat.

Dedi bersama 15 korban luka lainnya berada di RSUD Ciereng. Selain itu juga masih ada 12 korban luka ringan lainnya yang dirawat di klinik yang berada di Jl Cagak, Subang.

Mengenai penyebab kecelakaan, sejauh ini polisi masih menyimpulkan bahwa rem bus itu blong. Meski demikian, bus tersebut telah lolos uji kir.

Menurut keterangan polisi, bus yang dikendarai Amirudin terlebih dahulu menabrak motor sebelum terguling. Setelah menghantam pengendara motor, bus kemudian menabrak tebing, lalu terguling ke arah kiri.

"Sopir bus sewaktu melintas jalan yang menurun dan berkelok tidak dapat mengendalikan kendaraannya. Diduga rem blong. Bus itu kemudian menabrak sepeda motor," kata Kabag Penum Humas Polri Kombes Martinus Sitompul kepada detikcom. (bag/bag)