DetikNews
Jumat 09 Februari 2018, 23:12 WIB

Banjir di Kendal, Ruang Perawatan RSUD dr Soewondo Tergenang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Banjir di Kendal, Ruang Perawatan RSUD dr Soewondo Tergenang RSUD dr Soewondo ikut tergenang air akibat banjir yang merendam sejumlah titik di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. (Foto: dok Istimewa)
Kendal - RSUD dr Soewondo ikut tergenang air akibat banjir yang merendam sejumlah titik di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Akibatnya, ruang perawatan di rumah sakit tersebut ikut tergenang air.

Pejabat Humas RSUD dr Soewando, Muhammad Wibowo, mengatakan air masuk sejak petang dan puncaknya pada pukul 19.00 WIB tadi. Air masuk ke kompleks rumah sakit setinggi mata kaki orang dewasa.

"Masuk di ruang tertentu. Tadi jam 19.00 itu puncaknya. Pak direktur sudah langsung ke sana tadi," kata Bowo saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (9/2/2018).



Ruangan tertentu tersebut adalah Ruang Anggrek, Ruang Apotik, dan selasar. Selain itu, ICU sedikit terkena dampak tapi segera teratasi.

"Sempat masuk ruang perawatan. ICU masuk sedikit. Cuma di ruang tertentu itu saja karena bangunan lama," ujarnya.


Petugas langsung menyedot air yang masuk ke rumah sakit. Hingga pukul 21.00 WIB, air sudah mulai surut dan hanya sisa genangan di bagian selasar.

"Tidak sampai evakuasi pasien, hanya memang tadi pasien sempat kurang nyaman. Ini sudah teratasi," imbuhnya.

Tidak hanya RSUD, kantor BPBD Kendal juga sempat direndam air. Lokasi kantor BPBD Kendal memang satu arah dengan RSUD.

"Kantor BPBD juga kena tadi. Masuk sekitar 20 cm. Ini murni karena curah hujan tinggi dan drainase yang kurang lancar," kata Kepala Pelaksana BPBD Kendal Sigit Sulistyo.

Untuk diketahui, banjir juga terjadi di Jalan Pantura Kaliwungu, Kendal, setinggi lutut orang dewasa. Pengguna kendaraan bermotor banyak yang memilih berbalik arah dan memutar melewati jalur lingkar baik dari arah Jakarta maupun Semarang. Sedangkan kondisi cuaca saat ini, hujan sudah reda.
(mbr/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed