DetikNews
Jumat 09 Februari 2018, 22:39 WIB

Empat Desa di Kendal Terendam Banjir, 13 Rumah Rusak

Wikha Setiawan - detikNews
Empat Desa di Kendal Terendam Banjir, 13 Rumah Rusak Sepeda motor yang terendam banjir di rumah warga di Kendal. (Foto: dok. Istimewa)
Kendal - Empat desa di Kecamatan Kaliwungu dan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, terendam banjir akibat luapan sungai. Sedikitnya 13 rumah mengalami rusak berat.

Banjir yang cukup parah terjadi di Desa Protomulyo, Desa Magelung. Tinggi air mencapai lebih dari 2 meter. Sedangkan di Desa Panggangayom dan Kutoarjo, tinggi air mencapai 50 sentimeter.

Danramil Kaliwungu Kapten Inf Widodo Hendrarjo menuturkan banjir diakibatkan sungai yang melintas di empat desa tersebut meluap karena debit air meninggi sejak diguyur hujan.

"Ada empat desa yang terendam. Dua di antaranya parah dengan ketinggian air lebih dari dua meter," ujarnya kepada detikcom melalui telepon seluler, Jumat (9/2/2018) malam.


Selain air masuk ke rumah warga, banjir mengakibatkan 13 rumah rusak berat di Desa Protomulyo dan Magelung. Saat ini, pihaknya bersama BPBD dan warga sedang melakukan evakuasi.

"Kami masih di lapangan mengecek kondisi dan melakukan pendataan. Untuk pemilik rumah yang rusak berat (roboh) sementara mengungsi di rumah kerabatnya," lanjut dia.

Selain rumah, sejumlah peternakan dan jalan raya terendam air.

"Untuk detailnya masih dalam pendataan," paparnya.

Penampakan banjir di jalan Kota Kendal.Penampakan banjir di Jalan Kaliwungu, Kendal. (Foto: dok. Istimewa)

Dihubungi terpisah, Kapolsek Kaliwungu AKP Nanung Nugroho menambahkan pihaknya menerjunkan personel untuk membantu mengevakuasi korban. Selain itu, untuk mengatur lalu lintas karena jalan tergenang air.

"Untuk air sudah semakin surut, tapi petugas masih berada di lapangan untuk membantu mengevakuasi korban dan mengatur lalu lintas," tutupnya.
(ams/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed