DetikNews
Jumat 09 Februari 2018, 20:07 WIB

Sandiaga Minta Pemotor Terobos Jalan Jatibaru Tanah Abang Diingatkan

Mochamad Zhacky - detikNews
Sandiaga Minta Pemotor Terobos Jalan Jatibaru Tanah Abang Diingatkan Kawasan penataan Tanah Abang (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminta jajarannya mengingatkan para pengendara motor yang melintasi Jalan Jatibaru Raya depan Stasiun Tanah Abang. Sebab, hanya angkutan umum yang diperbolehkan melintasi jalan tersebut.

"Ya diingatkan bahwa Tanah Abang Jatibaru itu tidak untuk dilalui oleh kendaraan pribadi hanya dilalui oleh kendaraan umum," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (9/2/2018).

Sandiaga sebelumnya meminta para pengendara motor yang melintasi Jalan Jatibaru raya ditindak. Padahal belum ada aturan hukum yang melarang kendaraan pribadi melintasi jalan tersebut.

"(Pengendara motor) itu harus ditindak, nggak boleh. Karena itu cuma boleh untuk angkot," kata Sandiaga di Rumah Potong Hewan Unggas (RPHU) Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (6/2).

Pemprov DKI sebetulnya pernah membuat kebijakan serupa, yakni melarang sepeda motor melintasi Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Namun terdapat perbedaan dengan larangan motor melintasi Jalan Jatibaru.

Larangan motor melintasi Jalan MH Thamrin dilegitimasi dengan peraturan gubernur. Aturan yang dimaksud adalah Pergub Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor di Jalan MH Thamrin.

Namun, kini, larangan motor melintasi Jalan MH Thamrin tak berlaku lagi karena dibatalkan oleh Mahkamah Agung (MA). MA menganulir pergub tersebut karena dianggap bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.




(zak/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed