DetikNews
Jumat 09 Februari 2018, 19:59 WIB

Tak 'Alergi' dengan Kebijakan Ahok, Sandi Teruskan MoU DKI-BPOM

Mochamad Zhacky - detikNews
Tak Alergi dengan Kebijakan Ahok, Sandi Teruskan MoU DKI-BPOM Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno. (Zhacky/detikcom)
Jakarta - Kerja sama Pemprov DKI Jakarta dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengenai pengawasan makanan akan dilanjutkan. Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno menyebut kebijakan yang ditetapkan pertama kali oleh Gubernur DKI sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, itu bagus.

"BPOM tadi akhirnya kami bertemu dan setuju ada follow up dan PKS (perjanjian kerja sama) yang sudah ditandatangani oleh pemerintah sebelumnya. Ini bukti kita akan teruskan program yang sangat bagus," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (9/2/2018).



Namun bedanya, kerja sama ini akan dikembangkan dengan menggandeng anggota OK OCE yang bergerak dalam bidang usaha kuliner. Prinsipnya, kerja sama ini dilakukan untuk memastikan makanan yang dijual bebas dari zat-zat berbahaya, seperti boraks dan formalin.

"Jadi, itu kesepakatan kami dan akan di-launching segera dan digabungkan dengan program OK OCE," ujar Sandiaga.

Sandiaga menuturkan nantinya tetap akan ada pengujian terhadap makanan-makanan yang dijual. Jika lolos, akan ada legitimasi untuk menunjukkan bahwa makanan tersebut baik untuk dikonsumsi.

Para pengusaha makanan yang dagangannya diuji terbebas dari biaya. Sebab, biayanya sudah ditanggung Pemprov DKI.

"Jadi nanti ada beberapa pilot area, area uji coba, di mana kita akan berikan stiker kepada para UKM penyedia kuliner untuk memastikan mereka tidak memakai boraks, tidak memakai formalin, dan tidak memakai zat pewarna," papar Sandiaga.

"(Biaya) pengujiannya nanti sudah di-cover oleh pemerintah sebelumnya, baik sekali, dengan MoU (nota kesepahaman) dan PKS. Nanti akan ada di bawah teman-teman di Dinas Kesehatan (ikut membantu)," tutup Sandiaga.
(zak/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed