DetikNews
Jumat 09 Februari 2018, 16:44 WIB

Cegah Kebakaran, Disparbud Cek Kelistrikan Museum Kawasan Kota Tua

Mochamad Zhacky - detikNews
Cegah Kebakaran, Disparbud Cek Kelistrikan Museum Kawasan Kota Tua Kawasan Kota Tua saat dipenuhi warga yang berkunjung (Seysha-detikcom)
Jakarta - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) DKI Jakarta Tinia Budiati mengatakan pihaknya sedang mengecek sistem kelistrikan tempat-tempat bersejarah yang ada di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Tinia tak ingin musibah seperti kebakaran Museum Bahari terulang.

"Kita sedang bekerja sama dengan Dinas Kebakaran untuk melihat dan mendata potensi kebakaran. Artinya, misalnya system electricity-nya, peralatan yang digunakan, bahan-bahan yang dipakai di sana, konstruksi yang mereka buat. Karena kan kemarin kasus di Museum Bahari banyak pelajaran yang diperoleh," kata Tinia di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (9/2/2018).


Tinia menuturkan tempat-tempat bersejarah di kawasan Kota Tua akan jadi salah satu destinasi peserta Asian Games dan wisatawan lainnya. Karena itu, pihak Disparbud ingin memastikan tempat-tempat tersebut aman.

"Kita membuat paket khusus untuk kunjungan. Kita membuat kayak tour ke beberapa objek (wisata), bukan hanya museum di Kota Tua, tapi juga kombinasi antara tempat wisata, belanja, kuliner," papar Tinia.


Target Disparbud, perhelatan Asian Games bisa menyerap setidaknya 3,5 juta wisatawan. Supaya mencapai target, Disparbud juga bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata.

"Kita bekerja sama dengan kementerian. Dari kementerian juga sudah membuat (paket wisata). Kalau kementerian bahkan mereka bikin paketnya tidak hanya Jakarta, tapi Jakarta dan sekitarnya, ke Bogor, Tangerang. Yang ditarget kementerian kan kita diminta 3,5 juta (wisatawan) ya, mudah-mudahan (tercapai)," pungkas Tinia.
(zak/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed