DetikNews
Jumat 09 Februari 2018, 11:35 WIB

Beroperasi Lagi, Kereta Bandara Soetta Melambat di Titik Longsor

Dyah Paramita Saraswati - detikNews
Beroperasi Lagi, Kereta Bandara Soetta Melambat di Titik Longsor Kereta Bandara Soekarno-Hatta beroperasi lagi. (Dyah Paramita Saraswati/detikcom)
Cengkareng - Kereta cepat Bandara Soekarno-Hatta kembali beroperasi pagi ini. Ketika melalui jalur underpass di area terjadinya longsor, kereta memperlambat lajunya.

detikcom memantau perjalanan kereta bandara di area underpass wilayah perimeter selatan Km 8+6/7 area Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jumat (9/2/2018). Pukul 09.45 WIB, terlihat ada kereta bandara yang melintas di lokasi.

Saat melintas di underpass area terjadinya longsor, kereta bandara memperlambat lajunya. Menurut petugas di lokasi, melambatnya laju kereta tersebut dimaksudkan untuk mengurangi getaran.

"Melihat situasi keadaan sekitar saja, karena ada tanah atau apa, untuk mengurangi hantaman atau getaran," ujar salah satu petugas keamanan Bandara Soekarno-Hatta, Nana Mardiana.

Kereta Bandara Soekarno-Hatta Beroperasi lagiKereta Bandara Soekarno-Hatta beroperasi lagi. (Dyah Paramita Saraswati/detikcom)

Sekitar pukul 09.45 WIB, Direktur Operasional PT Kereta Api Indonesia Slamet Susanto beserta timnya datang memantau perjalanan kereta. Ia berkeliling di sekitar jalan underpass dan rel kereta. Sayang, ia menolak dimintai keterangan lebih lanjut.

Direktur Operasional PT KAI Slamet Susanto meninjau jalur kereta bandaraDirektur Operasional PT KAI Slamet Susanto meninjau jalur kereta bandara. (Dyah Paramita Saraswati/detikcom)


Pukul 10.50 WIB, petugas keamanan bandara menutup pagar pembatas rel kereta yang sebelumnya terbuka. "Karena ini nanti banyak kereta yang lewat," ujar Nana.

Kereta cepat dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta sudah mulai beroperasi kembali sejak semalam, Kamis (8/2), setelah dilakukan uji coba. Hasil uji coba menyebutkan jalur bisa dilalui dengan pembatasan kecepatan kereta.

"Pembatasan kecepatan hanya sekitar 100 meter pada jalur yang berdekatan dengan titik longsor sehingga tidak berpengaruh terhadap waktu tempuh KA Bandara Soekarno-Hatta," jelas Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto dalam keterangan tertulis, Kamis (8/2).
(srs/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed