DetikNews
Kamis 08 Februari 2018, 13:25 WIB

Sidang Setya Novanto

Ganjar: Penyidik KPK Cerita Ada Bagi-bagi Uang Tiap DPR Akan Reses

Faiq Hidayat - detikNews
Ganjar: Penyidik KPK Cerita Ada Bagi-bagi Uang Tiap DPR Akan Reses Suasana persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)
FOKUS BERITA: Novanto Dieksekusi
Jakarta - Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR Ganjar Pranowo menyebut ada bagi-bagi uang di DPR tiap kali akan reses. Menurut Ganjar, informasi itu didapatkannya dari penyidik KPK.

"Baru tahu dari cerita penyidik, setiap mau reses ada bagi-bagi uang," ujar Ganjar saat bersaksi dalam sidang lanjutan perkara korupsi proyek e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (8/2/2018).

Namun, Ganjar mengaku tidak pernah mendapatkan jatah. Menurutnya, lantaran sikap awalnya yang menolak adanya pemberian-pemberian.

"Mungkin sikap awal sudah menolak bisa jadi tidak delivery ke saya," sebut Ganjar.

[Gambas:Video 20detik]


"Tapi sepengetahuan Anda, Komisi II DPR, ada yang menerima?" tanya anggota majelis hakim Emilia.

"Sampai hari ini, tidak ada yang mengaku ke saya, Bu. Saya baca di media saja apa yang terjadi sebenarnya," jawab Ganjar.

Dalam persidangan pada Senin, 29 Januari 2018, mantan Sekjen Kemendagri Diah Anggraeni mengaku pernah dihubungi anggota Komisi II DPR Miryam S Haryani. Saat itu, Miryam--disebut Diah--tengah mencari-cari keberadaan mantan Dirjen Dukcapil Irman, karena tengah dikejar-kejar anggota DPR yang akan reses.

"Saya bilang ada apa bu Yani, dia bilang 'ini saya dikejar teman-teman mau reses'," kata Diah dalam persidangan.
(fai/dhn)
FOKUS BERITA: Novanto Dieksekusi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed