DetikNews
Kamis 08 Februari 2018, 13:01 WIB

Fredrich Sebut Dakwaannya Rekayasa, KPK: Tak Perlu Diseriusi

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Fredrich Sebut Dakwaannya Rekayasa, KPK: Tak Perlu Diseriusi Fredrich Yunadi (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Fredrich Yunadi menyebut isi surat dakwaannya palsu dan rekayasa. KPK pun tidak ambil pusing dengan tudingan itu.

"Sesuai dengan perintah pengadilan, tadi kami sudah membawa terdakwa Fredrich Yunadi ke sidang. KPK tentu akan fokus ke substansi pembuktian. Hal-hal yang tidak substansial atau omongan-omongan saya kira tidak perlu terlalu diseriusi," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah saat diminta konfirmasi melalui pesan singkat, Kamis (8/2/2018).

Tudingan semacam itu, menurut Febri, jika memang diyakini maka buktikan saja dalam proses sidang berikutnya. Tidak hanya soal merekayasa dakwaan, KPK juga dituduh Fredrich memaksa Setya Novanto--ketika masih menjadi kliennya--untuk mencabut 12 kuasa yang diberikan kepada dia.

Buntutnya, kasus Novanto memang akhirnya ditangani oleh kuasa hukum lain. Menurut Febri, soal pencabutan kuasa adalah kewenangan Novanto sebagai klien.

"Tentang pencabutan kuasa, saya kira itu hubungan antara pemberi dan penerima kuasa. Jadi itu urusan Setya Novanto kalau memang ingin memperpanjang atau memutus kuasa utntuk pengacara. Siapapun yang ditunjuk itu juga hak tersangka/terdakwa," ucap Febri.


Dalam perkara tersebut, Fredrich didakwa merintangi penyidikan KPK atas Setya Novanto dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. Fredrich diduga bekerja sama dengan dr Bimanesh Sutarjo merekayasa sakitnya Novanto.

Namun setelah mendengar dakwaan itu, Fredrich menuding KPK membuat dakwaan palsu dan rekayasa. Dia juga menuduh penyidik KPK melakukan berbagai cara untuk memaksa Novanto mencabut kuasa yang diberikan kepada pengacara itu.

"Yang perlu harus tahu di sini, Setya Novanto dipaksa oleh penyidik supaya mencabut 12 kuasa saya yang pernah beliau berikan ke saya," ujar Fredrich usai menjalani persidangan.

[Gambas:Video 20detik]


(nif/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed