DetikNews
Rabu 07 Februari 2018, 19:07 WIB

Besok, Menlu Retno ke Bejing Hadiri Sidang Bersama Menlu China

Zunita Amalia Putri - detikNews
Besok, Menlu Retno ke Bejing Hadiri Sidang Bersama Menlu China Menlu Retno Marsudi (Nurin/detikcom)
Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsuadi akan menggelar sidang komisi di Beijing bersama Menlu China Wang Yi. Retno akan mencoba bernegosiasi tentang draf kode etik antara ASEAN dan Republik Rakyat China (RRC).

"Ya malam ini saya akan terbang ke Beijing untuk melakukan sidang komisi bersama dengan Menteri Luar Negeri Wang Yi. Pertemuan tingkat SOM (Senior Official Meeting) akan dilakukan besok (8/2)," ujar Retno kepada wartawan di gedung Pancasila Kemenlu, Jl Taman Pejambon, Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2018).

Retno mengatakan banyak isu yang akan disampaikannya dalam pertemuan dengan Menlu Wang Yi nanti.

"Tentunya kita melakukan pertemuan dengan Tiongkok banyak sekali isu yang kita bahas, mulai dari isu bilateral yang pilarnya juga banyak sekali, dan kita akan membahas beberapa isu kawasan dan isu internasional yang lainnya," tutur dia.

Retno berharap pertemuan dengan para menlu ASEAN dapat membawa situasi baik mengenai dorongan percepatan draf kode etik (code of conduct) di Vietnam pada Maret mendatang.

"Pertemuan retreat para menteri luar negeri ASEAN membawa situasi yang baik dengan selesainya framework COC untuk memulai negosiasi COC pada tanggal 1 dan 2 Maret di Vietnam. Jadi kita akan mencoba agar negosiasi COC dapat diintensifkan dan dapat segera diselesaikan," ucap dia.
(dnu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed