DetikNews
Rabu 07 Februari 2018, 15:04 WIB

Pemusnahan 10 Ribu Botol Miras di Polres Jaktim Dihadiri Ulama

Ibnu Hariyanto - detikNews
Pemusnahan 10 Ribu Botol Miras di Polres Jaktim Dihadiri Ulama Foto: Ibnu/detikcom
Jakarta - Polres Metro Jakarta Timur memusnahkan 10 ribu botol minuman keras berbagai merek. Miras tersebut didapat dari hasil Operasi Cipta Kondisi selama periode Januari 2018.

"Siang ini kita lakukan pemusnahan hasil Operasi Cipkon selama Januari 2108. Dari hasil operasi, ada 10 ribu botol berbagai macam jenis miras," kata Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Tony Surya Putra di halaman markasnya, Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, Rabu (7/2/2018).

Sejumlah tokoh masyarakat dan ulama hadir dalam pemusnahan itu. Botol-botol miras dimusnahkan dengan cara dilindas mesin gilas.

Polres Jakarta Timur memusnahkan 10 ribu botol miras.Polres Jakarta Timur memusnahkan 10 ribu botol miras. (Ibnu/detikcom)

Miras yang dimusnahkan terdiri atas jenis anggur merah 2.200 botol, anggur putih 1.800 botol, anggur ginseng 1.850 botol, anggur kolesom 1.700 botol, bir 7.50 botol, ciu oplosan 1.200 botol, wiski 300 botol, vodka 200 botol, dan kamput 500 botol.

Tony menambahkan Operasi Cipta Kondisi miras dilakukan untuk menekan peredaran miras dan tindak kejahatan. Menurutnya, miras merupakan salah satu pemicu terjadinya tindak kejahatan selain narkoba.

"Miras itu baik secara undang-undang maupun agama itu dilarang. Karena itu, kita akan konsisten memberantas miras. Sebenarnya indikator terjadinya kriminalitas dan maksiat itu pemicunya, selain narkoba, ya minuman keras," tegas Tony.

Miras-miras itu didapat dari warung-warung yang berada di area terminal dan perkampungan warga yang tidak memiliki izin. Dia menegaskan akan memberikan sanksi tegas kepada pemilik warung jika tetap berjualan miras.

"Pemilik warung ini saat ini kita tegur agar tak jual minuman keras lagi. Tapi kalau masih jual miras, kita tutup warungnya juga," urainya.
(ibh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed