DetikNews
Rabu 07 Februari 2018, 15:10 WIB

Kereta Bandara Soetta Beroperasi Besok Bila Diizinkan Polisi

Yulida Medistiara - detikNews
Kereta Bandara Soetta Beroperasi Besok Bila Diizinkan Polisi Lokasi longsor di Bandara Soetta (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kereta Bandara Soekarno-Hatta bisa beroperasi kembali besok bila diizinkan polisi. Pengoperasian kereta bandara disetop sementara karena longsor dekat underpass jalan perimeter Bandara Soetta.

"Kalau hari ini diizinkan dari kepolisian, mestinya besok (beroperasi)," kata Budi Karya di Kejagung, Jl Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Rabu (7/2/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Menhub mengatakan struktur kereta bandara tidak berkaitan dengan proyek underpass yang longsor. Kereta bandara yang melintas nantinya harus mengurangi kecepatan saat melintas sekitar lokasi longsor. Sedangkan proyek underpass tidak boleh digunakan karena dindingnya retak.

"Dari apa yang ada di lapangan, saya memang melihat ada beberapa yang harus ditindaklanjuti untuk melakukan beberapa perkuatan dan melakukan suatu perbaikan-perbaikan untuk yang di underpass," sambungnya.

Sedangkan konstruksi terkait jalur kereta bandara disebut Menhub sudah memenuhi syarat. Tapi Menhub meminta jaminan dari kontraktor untuk memastikan keamanan konstruksi.

"Struktur kereta bandara sendiri (tunggal), dinding yang akan diperkuat itu berkaitan dengan underpass, underpass belum boleh digunakan dulu karena memang ada retak-retak. Tapi kalau struktur kereta, untuk kereta itu, kita minta nanti kecepatannya diturunkan saat lewat," sambungnya.

Selain itu, Budi menyampaikan rasa belasungkawa kepada keluarga korban yang ditinggalkan terkait kejadian longsor tersebut. Di sisi lain, dia mengapresiasi pihak yang membantu proses evakuasi.

"Saya, pemerintah, meminta maaf, kami tidak bisa menyelamatkan almarhum walaupun sudah dilakukan dengan segala effort yang luar biasa dan saya mengapresiasi upaya Basarnas, AP II, KAI, kepolisian dalam membantu itu," kata dia.
(yld/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed