DetikNews
Rabu 07 Februari 2018, 13:05 WIB

Blak-blakan Ketua DPR Bamsoet

Cerita Ketua DPR Bamsoet soal Hobi Koleksi Mobil

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Cerita Ketua DPR Bamsoet soal Hobi Koleksi Mobil Foto: dok. detik
Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bercerita tentang hobinya mengoleksi kendaraan-kendaraan yang harganya di atas Rp 1 miliar. Hobinya mengoleksi mobil-mobil tersebut, diakui oleh Bamsoet sudah dilakukan sejak dirinya masih berstatus sebagai mahasiswa.

"Jadi sebetulnya itu mobil bukan gaya hidup tapi hobi. Sejak saya mahasiswa saja sudah senang mobil. Jadi memang waktu mahasiswa saya pakai VW (Volkswagen), lalu (setelah) kerja (pakai) yang Volvo (ketika) badan saya masih kurus, masih keren lah ha-ha-ha. Ya itu tuh, hobi jadi susah," kata Bamsoet saat blak-blakan bersama detikcom yang tayang hari ini Kamis (7/2/2018).

Mantan Ketua Komisi III tersebut menuturkan dirinya kerap merasa rindu untuk memuaskan hobinya berkendara dengan kendaraan-kendaraan koleksinya. Karena selama terjun ke dunia politk terlebih setelah menjabat sebagai Ketua DPR dia jarang mengendarainya. Ia bercerita, kondisinya berbeda jauh dengan saat dirinya masih berprofesi sebagai pengusaha.

"Ya kadang-kadang saya punya (pikiran) 'ah Minggu saya mau jalan-jalan sendiri, ah' tapi nggak bisa juga, (hari) Minggu sudah ada tiba-tiba ada buka acara seminar, ya begitulah. Waktu saya sebelum (di) DPR ya hampir tiap hari. Karena kalau saya sebagai pengusaha kan bebas-bebas saja, nggak terikat apapun," tuturnya.

"Tapi paling tidak Sabtu-Minggu itu pasti ke bengkel atau main hobi mobil lah, kita memuaskan hobi. Atau kadang Minggu pagi paling-paling keluar dari Jakarta saja, keliling-keliling masuk tol, lewat Pluit, kemudian Jagorawi, muter lagi, itu saja," sambungnya.

Karena hobinya tersebut, Bamsoet pun bergabung dengan beberapa club mobil dan motor mewah. Di antaranya FOCI (Ferrari Owner Club Indonesia), Lamborghini, Mclaren, Harley Davidson Owner Group, dan MBI (Motor Besar Indonesia).

Seraya berkelakar, Bamsoet menuturkan dirinya tak pernah melihat ukuran kecepatan saat mengendarai mobil sport yang dimilikinya. "Saya nggak pernah lihat kecepatan ya yang penting enak saja ha-ha-ha. Yang penting nggak ada yang bisa nyusul ha-ha-ha," ujarnya.

Sambil terselip canda, Bamsoet menuturkan bahwa keluarganya, terlebih anak-anaknya, mendukung hobi-hobinya tersebut. Bahkan, Bamsoet tak jarang mengajak anak-anaknya saat melampiaskan hobinya tersebut.

"Mereka senang karena dalam setiap hobi saya, saya libatkan anak. Saya sering ajak anak-anak kok. Kalau dulu waktu mahasiswa, masih bandel-bandelnya saya ajak anak orang lain, nah sekarang saya bawa anak sendiri ha-ha-ha," ujar politikus Golkar yang gemar bercanda tersebut.

Selain hobinya mengoleksi dan mengendarai aneka mobil mewah, Bamsoet pun memiliki senang menembak. Dirinya juga merupakan salah satu pengurus Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin).

"Nembak sih, (hobi) berburu sejak muda juga ya. Anak tentara kalau nggak hobi nembak ya bukan anak tentara namanya ha-ha- ha. Saya di Perbakin, salah satu ketua di Perbakin," tukasnya.

Dirinya bersama beberapa anggota Komisi III yang hobi menembak pun tergabung di dalam satu komunitas menembak bernama Komisi 3 Tactical Shooting Club. Bamsoet bersama Komisi 3 Tactical Shooting Club pun masih rutin melakukan latihan menembak setiap hari Jumat pagi. Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah pun kerap ikut dalam kegiatan menebak tersebut.

"(Setelah jadi Ketua DPR) ya (masih) sempat (menembak), tinggal nyebrang tuh ha-ha-ha. Nembak ini kan saya punya club, Komisi 3 Tactical Shooting Club. kita rutin tiap jumat pagi kita latihan. (Anggota Komisi yang ikut club tersebut) Masinton (Pasaribu), semuanya. Lalu kemudian Abu Bakar Alhabsy, semua lah rata- rata. Yang cewek-cewek juga si Risa, Fahri ikut lah sekali-kali. Dia (Fahri Hamzah) punya pestol," sebutnya.

"Fadli (Zon) belum ha-ha-ha. Nanti pasti saya racunin he-he-he," imbuhnya seraya bercanda.

Tonton selengkapnya di Blak-blakan Hobi Mobil Ketua DPR Bambang Soesatyo.




(yas/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed